Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Koramil Daruba-Distan Lakukan Penanaman Jagung Kelompok Tani Pulau Morotai

12 July 2020 08:14
Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Koramil Daruba-Distan Lakukan Penanaman Jagung Kelompok Tani Pulau Morotai
Koramil 1508-05 Daruba bersama Distangelar penanaman jagung dalam rangka mendukung program ketahanan pangan Kodim 1508 Tobelo, berlangsung di lokasi penanaman jagung Desa Tototodoku, Kecamatan Morsel, Kabupaten Pulau Morotai, Malut. (Aripin/Trans89.com)
.

PULAU MOROTAI, TRANS89.COM – Koramil 1508-05 Daruba bersama Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulau Morotai gelar penanaman jagung dalam rangka mendukung program ketahanan pangan Kodim 1508 Tobelo, berlangsung di lokasi penanaman jagung Desa Tototodoku, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), Sabtu (11/7/2020).

Hadir di giat itu, Sekda Kabupaten Pulau Morotai Moh Kharie, Kadis Pertanian Anwar, Camat Morsel Darmin, Danramil 1508-05 Daruba Mayor Inf Putu Artana Jaya, Kapolsek Morsel AKP Randhir.

Sambutan Sekda Kabupaten Pulau Morotai, Moh Kharie, mengatakan Morotai yang sebagian penduduknya memiliki mata pencarian sebagai petani, dimanasumber daya alam (SDA) khususnya lahan yang cukup subur ini sangat efektif sekali untuk di tanami berbagi jenis komuditi pertanian, salah satu di antaranya adalah penanaman jagung.

“Oleh karna itu, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Danramil 1508-05 Daruba yang telah mensponsori penanaman jagung serentak untuk Kecamatan Morsel khususnya Desa Totodoku,” kata Kharie.

Menurut dia, kedepan kami berharap Morotai dapat di jadikan salah satu lumbung jagung, dan Pemda juga berkewajiban untuk memotivasi dan memfasilitasi petani jagung ini, terutama terkait dengan pemasaran hasil pertanian yang tersebut.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Danramil 1508-05 Daruba beserta jajarannya yang telah bersama-sama dengan masyarakat dan komponen terkait seperti Camat, Kapolsek Morsel yang sudah sama-sama melakukan penanaman jagung bersama masyarakat Desa Totodoku,” tutur Kharie.

Sementara Danramil 1508-05 Daruba, Mayor Inf Putu Artana Jaya menyampaikan kegiatan ini merupakan realisasi kerja sama TNI dengan Pemda dalam mendukung Ketahanan pangan (Hanpangan) dan juga sebagai rasa kepedulian TNI kepada para petani dalam mendukung peningkatan kesejahteraan petani dengan membantu melakukan penanaman jagung, agar para petani dapat termotivasi semangat dalam bekerja.

“Kepada personel Koramil 1508-05 Daruba terutama para Babinsa, agar terus mendampingi para petani, mulai dari proses pengolahan lahan, tanam bibit, pemeliharaan sampai dengan tiba masa panen jagung diperkirakan pada bulan Oktober nanti,” papar Danramil Putu.

Perwakilan Kelompok Tani Desa Totodok, Supardi Abdullah ucapkan banyak terimakasih kepada Danramil dan anggota Babinsa dengan penanaman jagung dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga dengan penanaman jagung ini, beberapa bulan kemudian bisa mendapatkan hasil yang sesuai kita inginkan bersama,” ucap Supardi. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya