Kebakaran Rumah Petak di Pemukiman Padat Penduduk Rawamangun Jakarta Timur

11 July 2020 08:57
Kebakaran Rumah Petak di Pemukiman Padat Penduduk Rawamangun Jakarta Timur
Kebakaran terjadi di padat rumah padat penduduk dengan dugaan penyebab kebakaran dari kompor gas yang sedang digunakan untuk memasak ditinggalkan oleh pemilik rumah di Jalan Pemuda I Assalam, RT 003/002 Kelurahan Rawamangun, Pulogadung Jakarta Timur. (Arief Djumadi/Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Kebakaran terjadi di padat rumah padat penduduk dengan dugaan penyebab kebakaran dari kompor gas yang sedang digunakan untuk memasak ditinggalkan oleh pemilik rumah di Jalan Pemuda I Assalam, RT 003/002 Kelurahan Rawamangun, Pulogadung Jakarta Timur, Kamis (9/7/2020).

Kronologis kejadian menurut keterangan saksi Ketua RT 003/002 Jalan Pemuda I Assalam, Sukarna (52) menyampaikan, bahwa sekitar pukul 15.40 WIB, Mak Yatin (Samini) sedang memasak di dapur rumahnya di lantai 1, kemudian ditinggal keluar rumah.

“Setelah beberapa saat pulang kerumah, Mak Yatin mendapati rumah sudah kelihatan terbakar karena terlihat api sudah membesar dan asap sudah membumbung tinggi warna hitam kelam,” papar Sukarna.

Menurut Sukarna, dirinya bersma Kasdianto langsung mendatangi pusat rumah yang terbakar.

“Namun karena kondisi api sudah membesar dan asap sudah tebal membumbung tinggi, saya selanjutnya smenghubungi Ketua RW 002, Samsudin untuk dikoordinasikan kepihak pemadam kebakaran (Damkar),” ujar Sukarna.

Lanjut Sukarna, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut.

“Pemukiman warga berupa rumah petak sekitar 79 rumah dengan jumlah kepala keluarga (KK) 115, dimana 30 rumah petak terbakar,” ujar Sukarna.

Pukul 16.25 WIB, petugas Damkar dipimpin Slamet tiba di lokasi kejaidan perkara (TKP) dan langsung memadamkan api dibantu oleh warga.

Kasiops Suku Dinas Penanggulangan, Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menyatakan kebakaran tersebut diduga karena meledaknya gas LPG di salah satu rumah warga.

“Yang terdampak sebanyak 50 kepala keluarga, 125 jiwa,” kata Gatot dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengemukakan, pihaknya mendapatkan laporan kejadian tersebut sekitar pukul 15.50 WIB. Akibat kebakaran tersebut sebanyak 30 rumah dilalap si jago merah, dan ratusan petugas diterjunkan ke lokasi kebakaran.

“Api dapat dipadamkan sekitar pukul 19.09 WIB dengan menurunkan 26 unit mobil dengan 130 personil,” ucapnya.

Untuk sementara, warga korban kebakaran mengungsi di Lapangan Futsal warga di Jalan Pemuda samping Taman Arion.

Kejadian kebakaran tersebut sudah ditangani pihak berwajib. (Arief/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya