8 Fraksi DPRD Terima Pertanggujawaban APBD Pemkab Pinrang, Irwan: Berkat Sinergitas Eksekutif dan Legislatif Ditopang Forkopimda

08 July 2020 21:57
8 Fraksi DPRD Terima Pertanggujawaban APBD Pemkab Pinrang, Irwan: Berkat Sinergitas Eksekutif dan Legislatif Ditopang Forkopimda
Rapat paripurna pandangan Fraksi DPRD terhadap pertanggungjawab APBD Pemkab Pinrang tahun 2019 berlangsung di ruang paripurna DPRD Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Macorawalie, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulsel. (Humas DPRD Pinrang)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Delapan fraksi di DPRD Kabupaten Pinrang menerima rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pertanggungjawaban APBD Tahun 2019 untuk dibahas pada tahap selanjutnya, meskipun di sertai dengan beberapa usulan dan masukan yang sifatnya konstruktif.

Hal tersebut disampaikan masing-masing juru bicara fraksi dalam rapat paripurna berlangsung di ruang paripurna DPRD Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Macorawalie, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (7/7/2020).

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Pinrang Muhtadin didampingi Wakil Ketua Syamsuri dan Ahmad Jaya Baramuli, dihadiri Anggota DPRD Pinrang lainnya.

Hadir pula Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid, Forkopimda, Sekda Pinrang Andi Budaya, Sekwan Pinrang Cendera Yasin, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang.

Sambutan Bupati Andi Irwan Hamid, menyampaikan Ranperda tentang pertanggungjawaban APBD Tahun 2019 ini, disamping merupakan keharusan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, juga merupakan upaya yang bersifat strategis dalam rangka melakukan evaluasi sejauh mana seluruh rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBD Tahun 2019.

“Hal ini dimaksud dapat mencapai sasaran yang diharapkan dan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya melakukan penyempurnaan terhadap kemungkinan adanya kekurangan serta kelemahan atas pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang sedang berjalan selama ini,” papar Irwan.

Menurut dia, berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Pinrang Nomor 3 Tahun 2019 tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019, anggaran pendapatan setelah perubahan ditetapkan sejumlah Rp1.296.695.284.742,00.

“Dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Pinrang, seluruh target pendapatan dapat direalisasikan sejumlah Rp1.300.927.793,8, atau sekitar 100,33%,” tutur Irwan politisi Partai Demokrat itu.

Ia mengatakan bahwa penyampaian laporan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pinrang Tahun 2019 kepada perwakilan BPK RI Sulsel dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Tahun ini disampaikan secara resmi melalui tim penyusun laporan keuangan pemerintah dareah (LKPD) 2019, pertanggal 18 Maret 2020 kepada tim auditor BPK RI, karena adanya protap pandemi Covid-19 terutama mengenai physical distancing yang membatasi untuk berkumpul,” kata Irwan.

Sirinya menjelaskan, penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI atas laporan keuangan Pemkab Pinrang tahun anggaran 2019 oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sulsel kepada Bupati Pinrang, dilaksanakan tanggal 29 Mei 2020 secara virtual melalui video conference (vicon) dengan mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Saya ucapankan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat Pinrang yang telah memberikan partisipasinya dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan selama ini di Kabupaten Pinrang,” jelas Irwan ynag juga pernah menjabat Ketua DPRD Pinrang ini.

Sementara kedelapan Fraksi DPRD Pinrang yang menyatakan pandangan umumnya, yakni Fraksi Demokrat di bacakan Andi Muh Ramdhani, Fraksi Golkar melalui juru bicaranya Rusnah, Fraksi Berkarya dibacakan Ketua Fraksi Salma, Fraksi Nasdem di bacakan M Faizal, Fraksi PKB di bacakan Sariansa Bin Mappetani, Fraksi PPP dibacakan M Syukur, Fraksi PDI Perjuangan dibacakan Sahariyah Lolo, dan Fraksi Gerindra dibacakan oleh Ilwan Sugianto.

Menanggapi pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Pinrang terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2019, Bupati Pinrang menyampaikan bahwa penghargaan yang kita terima adalah bukan yang pertama kalinya.

“Opini WTP yang diraih Pinrang tahun ini adalah yang 8 kalinya secara berturut-turut tanpa jeda. Saya yakin dan percaya, WTP diraih tersebut berkat sinergitas eksekutif dan legislatif yang ditopang oleh unsur Forkopimda,” papar Irwan.

Menyangkut mengenai pembangunan infrastruktur, Bupati menyebutkan beberapa infrastruktur tahun ini belum terselesaikan.

“Ada beberapa pembangunan infrastruktur belum selesai, namun hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19 yang berakibat adanya pemotongan anggaran,” demikian Irwan. (Jamro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya