KPU Pasangkayu Laksanakan Rakor Tahapan Pencalonan Pilkada 4 Kabupaten Digelar KPU Sulawesi Barat

06 July 2020 18:26
KPU Pasangkayu Laksanakan Rakor Tahapan Pencalonan Pilkada 4 Kabupaten Digelar KPU Sulawesi Barat
KPU Provinsi Sulawesi Barat gelar Rakor tahapan pencalonan Pilkada serentak tahun 2020 dihadiri Komisioner dan Sekretaris KPU kabupaten se-Sulbar, berlangsung di kantor KPU Jalan Ir Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Humas KPU Pasangkayu)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) gelar rapat koordinasi (Rakor) tahapan pencalonan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, dan KPU Kabupaten Pasangkayu dipercayakan menjadi tuan rumah.

Kegiatan ini dihadiri Komisioner dan Sekretaris KPU Sulbar, Ketua Bawaslu Sulbar, Komisioner dan Sekretaris KPU kabupaten se-Sulbar yang melaksanakan Pilkada, yakni KPU Majene, Mamuju, Mamuju Tengah (Mateng), dan Pasangkayu berlangsung di aula kantor KPU Jalan Ir Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Senin (6/7/2020).

Dalam sambutan Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad ucapkan selamat datang kepara peserta Rakor dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada KPU Pasangkayu melaksankan Rakor ini.

“Saat ini KPU Pasangkayu sedang dalam tahapan verifikasi faktual (verfak) bakal calon perseorangan pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu tahun 2020,” ucap Syahran.

Menurut dia, untuk progres verfak ini dapat di pantau dan di akses oleh publik melalui website kpupasangkayu.id.

“Hari ini, Senin 6 Juli 2020 sudah menunjukkan pencapaian di angka 6.111 orang dari 9.608 orang yang akan di verfak atau 63,60% berdasarkan sistem informasi pencalonan (Silon),” tutur Syahran.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, mengatakan tahapan pencalonan ini adalah tahapan yang paling besar potensi sengketanya.

“Terkait dengan pencalonan di pilkada ini, diharapkan kepada KPU selaku penyelenggara teknis untuk memaksimalkan koordinasi dan transparansi informasi publik, agar masyarakat dapat mengawasi proses ini secara aktif,” kata Sulfan.

Ia mengharapkan termasuk dokumen calon usungan partai politik (parpol) terutama rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) parpol untuk betul-betul dicermati dengan baik.

“Sepanjang kita tetap masih pada jalur aturan yang ditetapkan, Insya Allah kita pasti akan terhindar dari segala potensi-potensi sengketa,” imbuh Sulfan.

Sementara Ketua KPU Sulbar, Rustang membuka Rakor tahapan pencalonan pemilihan serentak tahun 2020, menyampaikan saat ini KPU Pasangkayu sedang dalam tahapan verfak bakal calon perseorangan.

“Dari 4 Kabupaten yang melaksanakan pilkada di Sulbar, hanya Kabupaten Pasangkayu yang mempunyai bakal calon perseorangan,” papar Rustang.

Ia menjelaskan, masa-masa pencalonan ini memang sangat rentan dengan sengketa, dan untuk itu diharapkan agar KPU harus memaksimalkan koordinasi dengan Bawaslu. Dan utamanya ditiap tahapan ini kita harus tetap konsisten dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Saya menekankan untuk menjaga solidaritas antara Komisioner dan Sekretariat dalam tahapan ini, agar seluruh tahapan dapat berjalan maksimal,” jelas Rustang.

Sementara kegiatan Rakor tahapan pencalonan pemilihan serentak tahun 2020 ini berlangsung selama 2 hari, Senin 6 hingga Selasa 7 Juli 2020. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya