Keharmonisan Babinsa Penajam Paser Utara Dengan Warga Sambil Makan Siang Ditengah Sawah

05 July 2020 18:32
Keharmonisan Babinsa Penajam Paser Utara Dengan Warga Sambil Makan Siang Ditengah Sawah
Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Kodim 0913 Penajam Paser Utara, Serda Herry tetap aktif dalam lakukan pembinaan kewilayahan dengan terjun langsung ke sawah di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kaltim. (Penrem 091 Aji Surya Natakesuma)
.

PENAJAM PASER UTARA, TRANS89.COM – Pengabdian serta panggilan tugas yang di emban prajurit TNI Angkatan Darat (AD) di satuan teritorial pastinya berbeda dari pasukan tempur yang tak lepas dari latihan dan tugas perang.

Salah satu contoh dari satuan jajaran Kodim 0913 Penajam Paser Utara (PPU) tepatnya di Koramil Penajam, Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Serda Herry tak kenal libur dengan tetap aktif dalam lakukan pembinaan kewilayahan dengan terjun langsung ke sawah, dimana salah satu warganya sedang panen padi.

Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah bersama dengan Petugas Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Penajam seringkali terlihat mondar-mandir disawah penduduk wilayah binaanya untuk memberikan semangat bercocok tanam dan sekaligus memberikan arahan tentang tata cara mengolah lahan, merawat tanaman, penyiapan lahan, pemilihan bibit, perawatan serta penanggulangan hama sampai masa panen tiba.

Keharmonisan Babinsa Serda Herry terlihat ketika bersama Mustaming Warga RT 01 Kelurahan Tanjung Tengah dan M Aliansyah yang merupakan driver mesin handpangan usai memanen padi miliknya dengan menikmati hidangan makan siang yang di bawa oleh istrinya ditengah sawah.

Pada kesempatan itu, Mustaming (46) pemilik lahan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pak Babinsa dan PPL yang sering terjun langsung ke sawah bersama para petani.

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa dan PPL, sekecil apapun kendala kami di lapangan bisa kami tanyakan secara langsung, dan Alhamdulillah hasilnya bisa kita rasakan,” ungkap Mustaming, disela-sela panen sawah miliknya di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (4/7/2020).

Menurut dia, bila perlu untuk waktu yang akan datang kerjasamanya lebih di tingkatkan lagi, agar para petani lebih paham tentang tata cara mengolah lahanya.

“Sehingga kami para petani bisa makmur dengan hasil yg dicapai,” tutur Mustamin.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk bisa bekerjasama meningkatkan program ketahanan pangan nasional yang sudah dicanangkan pemerintah.

Serda Herry mengatakan, kalau kita sering terjun langsung ke lapangan dan melakukan komunikasi akan terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

“Komunikasi dengan masyarakat tidak mengenal tempat, dimana masyarakat berbuat di situ saya selalu berusaha untuk hadir, dan ini sebagai wujud kedekatan TNI dengan masyarakat,” kata Herry.

Disamping itu, Herry menyebutkan, kita akan selalu melaksanakan pendampingan Kepada para petani dengan tujuan untuk memajukan pertanian di wilayah, dan tetap mengimbau kepada warga yang ada di sawah agar senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dia air mengalir menggunakan sabun sebagai upaya untuk mencegah dan memutus penyebaran virus corona,” sebutnya.

Lanjut Herry, semoga wabah ini segera dapat di atasi, dan kita harus bersama-sama bergotong royong untuk melawan virus covid-19 ini.

“Salah satunya dengan kegiatan ini yang dapat menjaga ketahanan pangan di wilayah kita dengan setiap saat hadir untuk petani,” tambahnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya