KPU Majene Gelar Bimtek Dihadiri PPK dan Operator Bidang Data Pemilih

04 July 2020 17:30
KPU Majene Gelar Bimtek Dihadiri PPK dan Operator Bidang Data Pemilih
KPU Majene gelar Bimtek dihadiri PPK dan Operator yang membidangi data, berlangsung di aula kantor KPU Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kabupaten Majene, Sulbar. (Abner/Trans89.com)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene gelar bimbingan teknis (Bimtek) dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Operator yang membidangi data.

Bimtek tersebut dibuka langsung Ketua KPU Kab Majene, Muh Arsalin Aras di aula kantor KPU Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (3/7/2020).

Hadir di giat tersebut Komisioner KPU Majene Muh Irjan Jaya, Muhammad Subhan, Munawir Ridwan, Zulkarnain Hasanuddin.

Sambutan Ketua KPU Majene Muh Arsalin Aras, mengatakan tanggungjawab PPK Kecamatan dan Operator untuk pelaporan, karena PPK yang komunikasi paling dekat dengan operatornya dan berharap selalu diingatkan tanggungjawab mereka mengolah data-data yang ada di kecamatan.

“Sekalipun teman-teman dari operator tidak melalui sebuah proses sumpah, tapi nilai nilai integritas tanggungjawab dan komitmen terhdap lembaga. Kita hanya bekerja dalam posisi untuk Pilkada, tapi saya harap itu ada tantangan, tidak usah sungkan, tidak usah segan secara informal, bisa teman-teman bertanya kepada operator kepada divisi data,” kata Arsalin.

Menurut dia, jika ada hal yang mungkin perlu dipertanyakan, perlu ditegaskan sekali lagi, tanyakan kepada Divisi Data dan juga sekali-sekali baca peraturan yang terkait dengan data.

“Dengan kegiatan aktivitas operator adalah bagian dari KPU dan memegang teguh untuk informasi dengan tetap berdoa kepada Allah SWT,” tutur Arsalin.

Komisioner KPU Majene, Muhammad Subhan, menjelaskan untuk terciptanya data yang baik dan akurat pada pemilu tahun 2020 untuk melakukan rekrutmen sederhana mendapatkan calon operator di tiap-tiap kecamatan khusus untuk Kecamatan Banggae dan Kecamatan banggae Timur itu diperuntukkan dua operator.

“Kenapa, karena kedua wilayah kecamatan itu memiliki kepadatan pemilih itu sangat banyak,” jelas Subhan.

Ia menyampaikan, Bimtek ini penting untuk memberikan wawasan awal mengenai orientasi tugas anggota PPK sebagai penyelenggara Pilkada.

“Tugas utama PPK adalah membantu tugas-tugas KPU dalam menyelenggarakan pemilihan di tingkat kecamatan. Dalam melaksanakan tugasnya, tentu PPK harus menjunjung asas langsung, umum, bebas, jujur dan adil (Luber Jurdil),” papar Subhan.

Dirinya mengemukakan pentingnya jajaran PPK dan operator untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya terkait penyelenggaraan Pilkada 2020, khususnya yang menjadi tanggungjawab dan kewenangannya, serta PPK diharapkan mengetahui segala tahapan pemilu yang sedang dilaksanakan.

“Mengingatkan kepada peserta Bimtek, selaku penyelenggara pemilihan umum, jajaran KPU Majene harus mampu bekerja maksimal guna memastikan setiap warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) nantinya,” ujar Subhan. (Abner/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya