Menuju Pilkada Serentak, KPU Pasangkayu Rakor Pemetaan TPS

02 July 2020 02:49
Menuju Pilkada Serentak, KPU Pasangkayu Rakor Pemetaan TPS
KPU Pasangkayu gelar Rakor dalam rangka pemetaan TPS pada penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu tahun 2020 di Aula Kantor KPU Jalan Ir Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Samlan Mallo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu gelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) pada penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu tahun 2020 di Aula Kantor KPU Jalan Ir Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (1/7/2020).

Kegiatan Rakor itu berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, atau walikota dan wakil walikota Tahun 2020.

Hadir di giat tersebut, Komisioner KPU Pasangkayu Syafruddin dan Harlywood Suli Junior, para Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Data se-Kabupaten Pasangkayu.

Komisioner KPU Kab Pasangkayu, Syafruddin mengatakan, tujuan Rakor ini untuk mempermudah dan mempersiapkan sejak awal proses selanjutnya serta untuk menghindari adanya permasalahan yang terjadi di tingkat TPS seperti satu KK, namun berbeda TPS.

“Mengelompokkan daftar pemilih pemula yang berasal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kabupaten/kota ke dalam daftar pemilih,” katanya.

Syafruddin menjelaskan, hasil dari kegiatan ini akan ditetapkan oleh KPU Pasangkayu sebagai daftar pemilih hasil pemetaan, dan setelah itu akan disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) setelah ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara (DPS) hasil rekapan PPS.

“Jumlah maksimal pemilih dalam satu TPS saat ini sebanyak 500 pemilih. Total jumlah TPS pada Pilkada bupati dan wakil bupati Pasangkayu sebanyak 349 wajib pilih di TPS,” jelasnya. (Samlan/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya