PMII Majene Kecam Dugaan Represif Oknum Aparat Kepolisian di Pamekasan Madura

01 July 2020 03:13
PMII Majene Kecam Dugaan Represif Oknum Aparat Kepolisian di Pamekasan Madura
PMII Majene unjuk rasa terkait dugaan tindakan represif oknum aparat kepolisian saat aksi aksi PMII di Pamekasan Madura berlangsung depan kantor Polres Majene Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Majene, Sulbar. (Ibarhim/Trans89.com)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Massa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Majene unjuk rasa terkait dugaan tindakan represif oknum aparat kepolisian saat aksi aksi PMII di Pamekasan Madura.

Koordinator lapangan (Korlap) aksi Ma’ruf berlangsung depan kantor Polres Majene Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (30/6/2020).

Massa aksi membawa spanduk bertuliskan, solidaritas mahasiswa Majene.

Orasi Ma’ruf mengatakan, PMII se-Kabupaten Majene mengutuk keras dugaan tindakan represif oknum kepolisian terhadap kader PMII saat aksi tolak tambang galian C ilegal di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

“Kami mengecam tindakan oknum kepolisian yang tidak patuh pada peraturan pengamanan aksi di muka umum, hal itu sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 9 tahun 1998 dan Nomor 09 tahun 2008,” kata Ma’ruf.

Ia mendesak institusi kepolisian untuk patuh pada UU Nomor 39 tahun 1999 terkait Hak Asasi Manusia (HAM), dan mengevaluasi kinerja Kapolres Pamekasan.

“Kami mendesak Kapolda Jawa Timur untuk mengusut tuntas oknum aparat kepolisian yang melakukan kekerasan terhadap massa aksi. Dan stop tindakan represif terhadap para aktivis mahasiswa Indonesia dan mendesak Kapolri untuk memberantas tindakan premanisme dalam tubuh Polri,” tegas Ma’ruf.

Massa aksi diterima Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji menyampaikan, dirinya selaku Kapolres Majene berterimakasih telah mendukung dan mengapresiasi aksi para solidaritas para mahasiswa dan sekaligus aksi ini untuk mengingatkan kami sebagai Kapolres dan seluruh anggota Polres Kabupaten Majene.

“Saya sebagai Kapolres Majene akan menindak tegas anggota oknum Polres Kabupaten Majene apabila melakukan tindakan represif kepada mahasiswa yang sedang menyampaikan aspirasinya,” papar Kapolres Irawan. (Ibra/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya