Kodim Pinrang Komsos Bersama Forkopimda Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Warga

01 July 2020 03:32
Kodim Pinrang Komsos Bersama Forkopimda Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Warga
Kodim 1404 Pinrang gelar Komsos bersama Forkopimda dan komponen masyarakat berlangsung di Pendopo Makodim Jalan Andi Makkulau, Keluarahan Lalengbata, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulsel. (Andri S/Trans89.com)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Kodim 1404 Pinrang gelar komunikasi sosial (Komsos) bersama Forkopimda dan komponen masyarakat dalam rangka mendukung tugas pokok Satuan Jajaran Kodim 1404 Pinrang guna mewujudkan keseimbangan antara kepentingan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan serta kepentingan pertahanan demi wujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Kegiatan Komsos tersbut berlangsung di Pendopo Makodim Jalan Andi Makkulau, Keluarahan Lalengbata, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (30/6/2020).

Komsos ini merupakan ajang silaturahmi untuk membangun sinergitas dan keakraban lokal antara jajaran Forkopimda dari tingkat kabupaten hingga kecamatan guna membangun Kabupaten Pinrang lebih maju serta menjadikan Kabupaten Pinrang zona aman dari penyebaran pandemi Covid-19.

Selain itu, Komsos ini di lakukan guna membentuk suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat, sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.

Komsos ini juga menaruh harapan besar kepada segenap komponen masyarakat agar dapat membantu pemerintah dalam pemutusan mata rantai wabah Covid-19.

Sambutan Dandim 1404 Pinrang, Letkol Arm Lukman Sasono, mengatakan kegiatan Komsos ini merupakan bentuk sinergitas antara Satuan Koordiantor Wilayah (Kowil) dalam hal ini Kodim 1404 Pinrang dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pinrang serta iInstansi terkait.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini, selain menjalin keakraban sekaligus wadah untuk mengevaluasi tingkat kedisiplinan dan kepatuhan warga masyarakat kita dalam menghadapi dan berinteraksi dengan program pemerintah pusat yaitu new normal di tengah pandemi Covid-19,” kata Dandim Lukman.

Menurut dia, sasaran utama yang kami harapkan dengan adanya kegiatan Komsos ini, terwujudnya penerapan protokol kesehatan, terciptanya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, terciptanya kehidupan masyarakat yang produktif, serta penegakan aturan tentang protokol kesehatan yang persuasif, komunikatif, proporsional dan humanis.

“Selain itu, pemberdayaan empat komponen, yaitu TNI/Polri, Pemda Pinrang, pengelola obyek, tokoh masyarakat, adat, agama serta pemuda,” tutur Lukman.

Wakil Ketua DPRD Pinrang, Syamsuri menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bernilai positif, karena kita sebagai Legislatif dan Eksekutif di Kabupaten Pinrang bisa duduk bersama untuk membahas dan mengevaluasi isu dunia yang sementara penyebarannya masih sangat kuat di belahan dunia, terkhusus di Kabupaten Pinrang.

“Kami selaku wakil rakyat ingin menyampaikan dan menyarankan ke pihak pemerintah daerah, agar protokol kesehatan di perketat lagi, karena kami melihat tingkat kedisiplinan warga kita jauh merosot,” jelas Syamsuri.

Ia menyebutkan, hal ini dapat kita katakan berdasarkan dari pemantauan kami dengan menemukan warga yang tidak mempedulikan fasilitas-fasilitas yang di siapkan oleh pengelola-pengelola obyek wisata maupun pasar moderen.

“Kami lembaga Legislatif akan turut andil mendukung sepenuhnya kebijakan Pemda terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Pinrang,” sebut Syamsuri.

Kapolres Pinrang, AKBP Dwi Santoso, mengemukakan kegiatan ini merupakan diskusi formal antara instansi terkait, jadi mari kita bersama-sama menuangkan pikiran untuk memberikan masukan saran dan langkah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di kampung kita Kabupaten Pinrang.

“Terkhusus bagi para Bapak Danramil, Bapak Kapolsek dan Bapak Camat, harus lebih aktif lagi dan cerewet untuk menyampaikan dan menghimbau agar warga kita meningkatkan kedisiplinan dan pedomani protokol kesehatan Covid-19,” ujar Kapolres Dwi.

Dirinya mengutarakan, sebelum kita berbuat, sebaiknya kita disiplinkan diri sendiri dulu agar yang kita sampaikan ke warga dapat di terima dengan baik.

“Jadi mari disiplinkan diri dan lingkungan kita, agar warga dapat menerimanya dengan baik, karena kita sudah menjadi contoh bagi masyarakat,” ajak Dwi.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, menyampaikan selaku kepala pemerintahan di Kabupaten Pinrang sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan Dandim 1404 Pinrang dalam hal Komsos tingkat Kodim bersama aparat pemerintah dan instansi terkait.

“Besar harapan kami, kegiatan ini bukan hanya ajang seremonial semata, tetapi yang sangat kami harapkan kegiatan ini dijadikan sebagai kegiatan rutin untuk meningkatkan kebersamaan dan bertema diskusi dalam membangun Kabupaten Pinrang,” papr Bupati Irwan.

Dirinya mengakui tingkat kedisiplinan masyarakat kita dalam menerapkan protokol kesehatan sangat kurang.

“Maka dari itu, menaruh harapan besar kepada para pelaksana kecamatan yaitu Muspika jajaran Kabupaten Pinrang yang hadir di tempat ini untuk lebih peka dalam mengedukasi para warga kita untuk lebih disiplin dalam kehidupan sehari-hari dengan mempedomani protokol kesehatan sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Pinrang,” tegas Irwan.

Lanjut Irwan, kami bersama segenap Forkopimda sering duduk bersama membahas langkah dan upaya dalam penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah, barusan kami dapat info dari Ibu Kadis Kesehatan, beliau menyampaikan bahwa pagi ini pasien positif Kabupaten Pinrang sembuh dua orang. Jadi total yang sembuh sebanyak 17 orang perhari ini. Kami sangat mengharapkan dukungan kita semua untuk bahu membahu dalam mengatasi pandemi Covi-19 d ini di Kabupaten Pinrang,” tambahnya.  (Andri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya