Penandatanganan Usulan Sultan Babullah Sebagai Pahlawan Nasional di Ternate

29 June 2020 02:20
Penandatanganan Usulan Sultan Babullah Sebagai Pahlawan Nasional di Ternate
Masyarakat Ternate lakukan penandatanganan dukungan pengusulan Sultan Babullah sebagai pahlawan nasional di Lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Malut. (Aripin/Trans89.com)
.

TERNATE, TRANS89.COM – Ratusan masyarakat lakukan penandatanganan dukungan pengusulan Sultan Babullah sebagai pahlawan nasional di Lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Minggu (28/6/2020).

Hadir di giat tersebut, Jogugu Kesultanan Ternate M Zulkiram, Walikota Ternate Burhan Abdurahman, Sekda Kota Ternate Yusuf Sunya, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

Sekitar pukul 07.20 WIT, Walikota Ternate Burhan Abdurahman beserta unsur Forkopimda Kota Ternate melaksanakan pembubuhan tandatangan memberikan dukungan Sultan Babullah sebagai Pahlawan Nasional dilanjutkan tanda tangan oleh masyarakat Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, mengatakan Pemkot dan masyarakat Ternate sedang mengusulkan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional.

“Olehnya itu, dalam waktu singkat ini akan dilakukan pengkajian draf pengsulan Sultan Babullah Ternate oleh tim di tingkat pusat,” kata Walikota Burhan.

Ia menjelaskan, hari ini kita menggalang dukungan secara moril seluruh warga Kota Ternate.

“Bahkan yang tergabung dalam KNPI Kota Ternate dan organisasi kepemudaan (OKP) Cipayung untuk bagimana dorongan kepada tim lewat penandatanganan dukungan, agar Sultan Baabullah Ternate ditanggapi pemerintah pusat menetapkan sebagai pahlawan nasional,” jelas Burhan.

Dirinya menyebutkan, dorongan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional karena ada banyak sejumlah referensi yang menjadi sayarat mutlak.

“Itu semua sudah di sampaikan baik ke pihak Pemrintah Provinsi (Pemprov) Malut, maupun Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) didalamnya tergabung sejumlah pakar-pakar sejarah. Untuk itu, dalam waktu singkat ini dewan gelar pahlawan nasional akan melakukan sidang penetapan,” sebut Burhan. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya