Mahasiswa Unanda Palopo Tuntut Pengurangan Biaya Semester Akibat Pandemi Covid-19

17 June 2020 01:30
Mahasiswa Unanda Palopo Tuntut Pengurangan Biaya Semester Akibat Pandemi Covid-19
Mahasiswa yang tergabung di Aliansi Mahasiswa Unanda unjuk rasa untuk menyikapi kebijakan Kampus Unanda di masa pandemi Covid-19 berlangsung di halaman Rektorat Kampus Unanda Jalan Puang H Daud, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulsel. (Erwin Pratama/Trans89.com)
.

PALOPO, TRANS89.COM – Sejumlah mahasiswa yang tergabung di Aliansi Mahasiswa Unanda (AMU) dipimpin Rival untuk menyikapi kebijakan Kampus Universitas Andi Djemma (Unanda) di masa pandemi Covid-19.

Akis AMU berlangsung di halaman Rektorat Kampus Unanda Jalan Puang H Daud, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (15/6/2020).

Pernyataan sikap massa aksi, Rival mendesak pengurangan biaya penyelenggaraan pendidikan (BPP) sebesar 50% untuk semester depan.

“Kami mendesak pihak kampus untuk mengusut tuntas pencemaran nama baik kampus di akun Instagram @Universitas_Andi_Djemma_Palopo, dan bebaskan saudara kami,” desak Rival.

Hal senada disampaikan mahasiswa lainnya, Reski menjelaskan, apa yang kami lakukan adalah salah satu bentuk kritik terhadap kampus sampai hari ini tuntutan yang dilayangan kepada pihak kampus tidak diindahkan.

“Pada waktu yang lalu, Kemendikbud telah memberikan imbauan kepada seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia untuk melakukan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan cara belajar di rumah dengan metode kuliah daring (online) agar mahasiswa tetap mendapatkan pelayanan akademik,” jelas Reski.

Namun dengan di terapkannya kuliah daring ini, kata Reski, kebanyakan mahasiswa mengeluh di karenakan susah untuk mendapatkan kuota dan akses internet, akibat uang saku dari orang tua makin hari makin menipis, dan bahkan tidak ada sama sekali akibat pendapatan orang tua makin merosot.

“Dengan kondisi begini, beberapa PT ternama seperti IPB dan Unpad mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah mahasiswa dengan menggratiskan mahasiswa tingkat akhir di semester depan,” katanya. (Erwin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya