Pola Pikir Masyarakat Harus Diubah Guna Tegaknya Aturan Berlalulintas di Mamasa, Ferrix: Akan Sosialisasi di SMA Sederajat

15 June 2020 18:00
Pola Pikir Masyarakat Harus Diubah Guna Tegaknya Aturan Berlalulintas di Mamasa, Ferrix: Akan Sosialisasi di SMA Sederajat
Kasat Lantas Polres Mamasa, AKP Ferrix Sandhy Anggara. (Andi Waris Tala/Trans89.com)
.

MAMASA, TRANS89..COM – Mantan Kapolsek Tapalang yang kini menjabat Kasat Lantas Polres Mamasa, AKP Ferrix Shandy Anggara, mengaku bahwa dirinya belum sepenuhnya dapat menjalankan tugasnya seperti biasa selaku Kasat Lantas ditempat barunya bertugas.

Pasalnya, Ferrix mendapat perintah tugas selaku Kasat Lantas Polres Mamasa di saat pandemi Covid-19, sehingga jajaran kepolisian khususnya Polres Mamasa hampir seluruh bagian termasuk Satlantas Polres Mamasa fokus melakukan pengamanan Covid-19.

“Namun semikian ditengah pandemi corona, satuan Lalulintas tetap memantau keadaan sesuai tugas dan fungsi Satlantas Polres Mamasa,” kata Kasatlantas Ferrix di Mamasa, Senin (15/6/2020).

Menurut dia, setelah kondisi pandemi corona ini dinyatakan kondusif, maka Satlantas Polres Mamasa kembali menjalankan tugasnya seperti biasanya.

“Langkah awal yang akan dilakukan Satuan Lantas Polres Mamasa yakni melakukan sosialisasi dan edukasi, agar masyarakat benar-benar sadar bahwa masyarakat Kabupaten Mamasa ini adalah masyarkata yang berkewajiban mematuhi norma hukum dan aturan yang ada,” tutur Ferrix.

Ia menjelaskan, skala prioritas yang menjadi langkah awal dalam bertugas di lingkup Polres Mamasa, berusaha mengajak masyarakat Kabupaten Mamasa menegakkan aturan di wilayah hukum Polres Mamasa dengan cara pandang masyarakat harus dirubah.

“Pasalnya, di Kabupaten Mamasa tentu masih ada Kklompok masyarakat yang belum sepenuhnya memahami aturan disiplin berlalulintas, sehingga langkah awal yang akan dilakukan merubah pola pikir masyarakat Mamasa, agar mereka benar-benar memahami aturan yang sebenarnya,” jelas Ferrix.

Dirinya menyebutkan, sebab setegas apapun petugas melakukan tindakan di lapangan jika masyarakat memang kurang memahami aturan yang ada, maka pelanggaran-pelanggaran berlalulintas tak akan pernah selesai, sehingga antara Satuan Lalulintas dan masyarakat itu sendiri harus membangun kerjasama.

“Polantas dalam menjalankan tugasnya benar-benar harus maksimal, sebaliknya masyarakat juga semakin sadar, bahwa Kabupaten Mamasa ini adalah sebuah kabupaten yang di payungi aturan hukum yang jelas,” sebut Ferrix.

Disinggung soal minimnya kesadaran masyarakat pelosok terhadap tata tertib berlalulintas, Ferrix menyampaikan, setelah masa pandemi corona ini berakhir, Satuan Lantas Polres Mamasa akan berkoordinasi dengan pimpinan (Kapolres) dan Korlantas Polda Sulbar, agar Polantas Mamasa melakukan sosialisasi ke pelosok di seluruh wilayah hukum Polres Mamasa.

“Sosialisasi yang akan dilangsungkan setelah masa pandemi corona berakhir, Satlantas Polres Mamasa akan menyisir sekolah bersosialisasi seperti SMA dan SMK sederajat untuk memberi pemahaman serta simulasi singkat tentang pentingnya memahami aturan berlalulintas,” paparnya.

Ferrix mengemkakan, Polantas Mamasa menjadikan SMA dan SMK sederajat untuk bersosialisasi, karena melalui adik-adik pelajar, sosialisasi tentang aturan berlalulintas sebisa mungkin ditularkan ke masyarakat sekitar melalui perpanjangan tangan adik-adik pelajar.

“Kita juga akan membagun kerjasama dengan seluruh Bhabinkamtibmas di seluruh Polsek yang ada, sebab Bhabinkamtibmas merupakan personil kepolisian yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat setempat,” ujar Ferrix.

Lanjut Ferrix, jika di Kabupaten Mamasa ini seluruh Bhabinkamtibmas bergerak melakukan sosialisasi di 168 desa dan 11 kelurahan, maka aturan berlalulintas spontan akan di ketahui masyarakat luas.

“Untuk itu, di tempat tugas baru ini, saya butuh masukan, saran dan kritikan dari seluruh elemen yang ada, agar tujuan penegakan supremasi hukum di wilayah kerja Polres Mamasa dapat terwujud. Dan Satuan Polantas Polres Mamasa siap melayani masyarakat, tambahnya. (AWT/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya