Pasca Terbitnya Surat Edaran Bupati Pasangkayu, Beberapa Pelintas Diperbatasan Dapurang Diarahkan Putar Balik ke Daerah Asalnya

26 July 2020 17:27
Pasca Terbitnya Surat Edaran Bupati Pasangkayu, Beberapa Pelintas Diperbatasan Dapurang Diarahkan Putar Balik ke Daerah Asalnya
Pemeriksaan suhu tubuh bagi para pengendara dan penumpang yang melintas memasuki wilayah Kabupaten Pasangkayu untuk memutus mata rantai Covid-19 di Posko Terpadu Pengawasan Covid-19, Jalan Poros Trans Sulawesi, Desa Benggaulu, Kecamatan Dapurang, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Kamran Kabir/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Mulai pukul 08.00 WITA pagi hingga pukul 14.00 WITA siang, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pasangkayu lakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan kendaraan di perbatasan Kabupaten Pasangkayu-Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (12/6/2020).

Pemeriksaan suhu tubuh bagi para pengendara dan penumpang yang melintas memasuki wilayah Kabupaten Pasangkayu untuk deteksi, cegah dan antisipasi dini serta memutus mata rantai Covid-19 di Posko Terpadu Pengawasan Covid-19, Jalan Poros Trans Sulawesi, Desa Benggaulu, Kecamatan Dapurang, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Pasangkayu laksanakan tugas dari tenaga kesehatan Rahayu Juita, Andini Eka dan Aminah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muh Jafaruddin, Satpol PP Risal dan Irwan M, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Reza Febrian Risal Amir, Dinas Perhubungan (Dishub) Imade Juniastra dan Darwan, Dinas Sosial (Dinsos) Nur Alam.

Personil Polres Mamuju Utara (Matra) Mustamir, Leo, Zulfikar, Mikhraj dan Muh Sigliansya. Personil Kodim 1427 Pasangkayu Serda Pasong.

Sementara pasca diterbitkannya Surat Edaran (SE) Bupati Pasangkayu Nomor 5 Tahun 2020 tentang persyaratan memasuki wilayah Kabupaten Pasangkayu saat pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19), pelintas beralamat luar Kabupaten Pasangkayu memasuki wilayah hanya beberapa jam masuk setelah itu kembali lagi ke daerah asal, sehingga petugas di Posko Terpadu Covid-19 lakukan tindakan dengan mengambil KTP atau identitas lainnya sebagai jaminan, agar yang bersangkutan kembali tepat waktu.

Pantauan lapangan, petugas Satpol PP dan Dishub memberhentikan kendaraan serta mengarahkan penumpang maupun pengendara ke petugas kesehatan di Posko untuk dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, namun sebelum dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, warga diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan.

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan alat termo scan sambil menanyakan riwayat perjalanan warga yang sedang lakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Petugas Badan Kesbangpol mencatat dan melaporkan semua warga yang melintas masuk ke wilayah Kabupaten Pasangkayu, baik yang tinggal menetap maupun tinggal sementara, terutama bagi warga yang berasal dari daerah terpapar Covid-19 berdasarkan identitas kependudukan alamat tujuan dan nomor telpon seluler yang bersangkutan.

Melakukan edukasi dan sosialisasi secara singkat kepada setiap warga yang sedang melakukan pemeriksaan suhu tubuh tentang cara mencegah dan mengantisipasi berjangkitnya Covid-19 oleh petugas kesehatan.

Tercatat jumlah warga yang melintas memasuki wilayah Kabupaten Pasangkayu baik yang tinggal menetap maupun tinggal sementara yang berasal dari daerah rawan Covid-19 sejak pukul 08.00 WITA pagi hingga 14.00 WITA siang sebanyak 46 orang, dan datanya terkirim ke Sekretariat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasangkayu.

Jumlah KTP dan identitas lainnya sebagai jaminan para pelintas yang hari itu juga kembali sebanyak 32 buah dan sebagian besar sudah diambil pemiliknya dengan paraf tanda terima.

Umumnya pelintas warga Sulawesi Selatan (Sulsel) dan se-Sulbar dengan mengecek suhu tubuh untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Bagi pelintas yang tinggal sementara atau berkunjung ke wilayah Kabupaten Pasangkayu, di perintahkan oleh petugas putar balik ke daerah asalnya.

Sekitar 25 KTP atau identitas lainnya dititip di Posko Terpadu Covid-19 untuk hari ini dan sebelumnya masih ada tersisa sekitar 45 KTP dan identitas lainnya untuk memastikan warga yang masuk ke wilayah Kabupaten Pasangkayu dapat terdata dengan baik sesuai waktu dan lamanya warga tersebut tinggal sementara di Kabupaten Pasangkayu. (Adv)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya