Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Untuk 5 Desa di Majene

11 June 2020 02:09
Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Untuk 5 Desa di Majene
Bupati Majene, Fahmi Massiara hadiri Sidang Panitia Pertimbangan Landreform di wilayah Kabupaten Majene untuk tahun anggaran 2020, berlangsung di kantor bupati Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Majene, Sulbar. (Ibrahim/Trans89.com)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Bupati Majene, Fahmi Massiara hadiri Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) di wilayah Kabupaten Majene untuk tahun anggaran 2020.

Kegiatan sidang PPL itu dalam rangka retribusi tanah objek landrefrom untuk 5 desa dengan jumlah 750 bidang tanah berlangsung di kantor bupati Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (10/6/2020).

Hadir di giat tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Majene Inindria, Kadis Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Majene Lies Harawati, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Majene Andi Mappangile, Kadis Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Majene Busri, Kepala UPTD Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL) Majene
Saharuddin, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Majene Hamsinah, para Kabag Setda Kabupaten Majene.

Sambutan Bupati Majene, Fahmi Massiara mengatakan, yang kita harus lakukan sekarang adalah evaluasi lahan yang ada dilapangan.

“Semua syarat-syarat yang menjadi kategori bagi pemilik lahan harus dipenuhi guna persertifikatan lahan,” kata Fahmi.

Menurut dia, saat ini ada program dari BPN terkait perserifikatan lahan, ini akan sangat membantu bagi semua masyarakat karena didapatkan secara gratis.

“Sekarang yang akan banyak menjelaskan adalah dari Dinas Pertanian, bagaimana lahan pertanian tersebut bisa mendapatkan sertifikat,” tutur Fahmi.

Lanjut Fahmi, lahan pertanian juga merupakan potensi konflik yang tinggi bila lahan tersebut belum mempunyai kekuatan hukum tetap bagi kepemilikan lahannya.

“Peranan kunci disini juga adalah para Lurah dan Kepala Desa (Kades) supaya tidak terjadi kasus sengketa tanah dilapangan, dan diharapkan semua berjalan dengan baik serta lancar,” tambahnya. (Ibra/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya