Menuju New Normal, BKPP Himbau ASN Segera Kembali ke Mamasa Beraktivitas

10 June 2020 19:01
Menuju New Normal, BKPP Himbau ASN Segera Kembali ke Mamasa Beraktivitas
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Mamasa, Agustina Toding. (Andi Waris Tala/Trans89.com)
.

MAMASA, TRANS89.COM – Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mamasa, Agustina Toding imbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih berada diluar daerah selama pandemi Covid-19 untuk segera pulang ke Mamasa.

“Selama pandemi corona, beberapa ASN yang berada diluar wilayah kerja (Pemkab Mamasa) tidak bisa pulang ke kampung halaman. Hal tersebut terjadi dikarenakan ASN yang terlanjur keluar Mamasa terhalang dengan situasi pandemi yang berkepanjangan,” ujar Agustina di Mamasa, Selasa (9/6/2020).

Untuk itu, melalui BKPP Pemkab Mamasa, Agustina Toding selaku perpanjangan tangan pimpinan daerah mengimbau agar sesegera mungkin ASN kembali menjalankan tugas seperti biasa, dengan tetap mematuhi aturan protoker kesehatan Covid-19.

“Dengan diterapkannya new normal oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mamasa, maka aktivitas pelayanan publik dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa otomatis harus di jalankan dengan menerapkan sistem new normal berbatas,” kata Agustina.

Artinya, menurut Agustina, pelayanan publik akan kembali berjalan seperti sebelumnya, namun aturan protokoler kesehatan seperti aktif menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak di tempat kerja itu tetap di indahkan.

“Kita patut bersyukur, sebab masa pandemi Covid-19, dari enam kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar), Kabupaten Mamasa tetap dalam status zona hijau,” tutur Agustina.

Ia menyebutkan, hal tersebut terwujud atas kerjasama seluruh pihak terkait khususnya Tim Gugus Tugas, Tim Reaksi Cepat (TRC), para relawan Covid-19. Selain itu, kata Agustina, kesadaran masyarakat Kabupaten Mamasa dari berbagai tingkatan terhadap pandemi corona tidak diragukan.

“Masyarakat Kabupaten Mamasa benar-benar konsisten mengikuti imbauan pemerintah, sehingga Mamasa tetap dalam situasi aman dan kondusif dengan status zona hijau,” sebutnya.

Untuk itu, dirinya menjelaskan, dengan diberlakukannya status new normal berbatas di Kabupaten Mamasa mulai tanggal 1 Juli 2020 ini, ASN diwajibkan kembali melaksanakan tugas.

“Khusus ASN tenaga pendidik (guru) sesuai arahan Bupati Mamasa selaku Ketua Tim Gugus Tugas, baru baru ini menunggu keputusan atau edaran resmi dari pihak terkait, yakni Kementerian Pendidikan RI. Namun sebelum edaran resmi mengenai proses belajar dan mengajar itu turun, para guru dan murid tetap melaksanakan proses belajar dan mengajar sesuai aturan protokoler kesehatan,” jelas Agustina.

Agustina kembalia mengingatkan, sekali lagi, pertanggal 1 Juli 2020 tidak ada lagi ASN yang berada diluar wilayah kerja, kecuali ada tugas urgen dari pimpinan unit kerja masing-masing.

“Jika ada ASN diluar Mamasa ingin kembali ke Mamasa, agar melengkapi diri dengan surat keterangan berbadan sehat (SKBS) dan surat keterangan hasil rapid non reaktif,” tegas Agustina.

Lanjut Agustina, jika ASN yang hendak kembali ke Mamasa belum mengantongi surat keterangan hasil rapid non reaktif Covid-19, maka ASN bisa menyampaikan hal tersebut di Posko Terpadu Covid-19 di perbatasan Kabupaten Mamasa yakni di Desa Matande, Kecamatan Messawa perbatasan Kabupaten Mamasa-Polewali Mandar (Polman), Posko Tabulahan perbatasan Mamasa-Mamuju dan posko perbatasan Mamasa-Toraja di Kecamatan Tabang.

“Tiga Posko perbatasan kabupaten tetangga itu sudah dilengkapi dengan peralatan serta tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamasa stand by di posko-posko tersebut,” tambah Agustina. (AWT/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya