Tim Gugus Tugas Covid-19 Pinrang Jemput Warga Duampanua Positif dan Langsung Dirujuk ke Makassar

09 June 2020 02:07
Tim Gugus Tugas Covid-19 Pinrang Jemput Warga Duampanua Positif dan Langsung Dirujuk ke Makassar
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pinrang lakukan penjemputan di kediaman pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Dusun Mallang, Desa Katomporang, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulsel. Insert foto: Kadis Kesehatan Pinrang, Dyah Puspita Dewi. (Adam Patonangi/Trans89.com)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pinrang lakukan penjemputan di kediaman pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Dusun Mallang, Desa Katomporang, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penjemputan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Pinrang di dampingi Kepala Desa (Kades), Katomporang Rustam Sirrang dan Kapolsek Duampanua, AKP Mardjoko beserta jajaranya.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pinrang, Dyah Puspita Dewi membenarkan adanya Tim Gugus Covid-19 Pinrang menjemput pasien positif di Desa Katomporang sore tadi dan langsung di rujuk ke Makassar di Hotel Almadera, sebab yang bersangkutan sebelumnya orang tanpa gejala (OTG).

“Pasien dinyatakan positif setelah ada hasil swabnya dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar,” ujar Dewi melalui pesan whatsapp, Senin (8/6/2020).

Menurut dia, pasien positif adalah istri dari berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) yang pernah dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Lasinrang Pinrang, tapi pulang paksa sebelum diambil swabnya.

“Pada saat pulang ke rumahnya, pasien PDP tersebut meninggal, pasien itu suami dari ibu yang saat ini positif,” tutur Dewi.

Ia menjelaskan, sewaktu berstatus PDP meninggal dan TBC, Dinkes Pinrang sempat memeriksa rapid test anggota keluarganya yang pernah menunggu pasien dan mengantar pasien ke RSU Lasinrang.

“Dua diantaranya yang di rapid test, ternyata hasilnya reaktif. Selanjutnya diperiksa swab dan satu dikonfirmasi positip dari BBLK Makassar,” jelas Dewi.

Lanjut Dewi, saat ini keluarga pasien positif Covid-19 sudah di periksa dan hasilnya reaktif alias negatif, dan Tim Gugus Tugas Covid-19 langsung lakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap rumah pasien.

“Saya juga menghimbau seluruh masyarakat Pinrang agar selalu mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak, selalu menggunakan masker dan cucilah tangan setiap saat. Salam sehat selalu,” demikian Dewi. (Adam/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya