Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Kodim 0913 Penajam Paser Utara Panen Padi Bersama Warga

06 June 2020 21:36
Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Kodim 0913 Penajam Paser Utara Panen Padi Bersama Warga
Babinsa Koramil 0913-01/Penajam, Kodim 0913 PPU, Serda Arbain dengan melaksanakan pendampingan Upsus panen padi di wilayah RT 5 Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. (Penrem 091 Aji Surya Natakesuma)
.

PENAJAM PASER UTARA, TRANS89.COM – Dalam meningkatkan swasembada pangan melalui pendampingan panen padi yang di lakukan Babinsa Kelurahan Saloloang lakukan pendampingan upaya khusus (Upsus) panen padi diwilayah binaannya tersebut.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0913-01 Penajam, Kodim 0913 PPU, Serda Arbain dengan melaksanakan pendampingan Upsus panen padi jenis empari yang merupakan kelompok tani (Poktan) Karya Bersama di wilayah RT 5 Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Utara (Kaltim).

Babinsa Kelurahan Sasoloang, Serda Arbain mengatakan pendampingan panen padi milik Ardi dengan luas sawah 1 Hektar (Ha) dengan hasil kurang lebih 3 ton dan alat yang di gunakan untuk memanen ialah mesin panen brigade handpangan yang di operasikan oleh Haeruddin beserta dua rekannya.

“Kegiatan pendampingan bagi petani ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil pertanian dan membantu program pemerintah melalui ketahanan pangan,” kata Arbain melalui rilis Penerangan Korem (Penrem) 091 Aji Surya Natakesuma di terima Redaksi, Sabtu (6/6/2020).

Menurut dia, pendampingan panen padi ini dilakukan sebagai salah satu tugas Babinsa dan sosialisasi ke masyarakat agar para petani tidak melakukan alih fungsi lahan dan tetap mempertahankan menanam untuk menyangga ketahanan pangan.

“Selain itu ini juga merupakan kebersamaan di sawah kiranya dapat menciptakan rasa kedekatan dan rasa kekeluargaan kami dengan warga setempat,” tutur Abain.

Sementara itu Danramil 0913-01 Penajam, Kapten Inf Imam S menyampaikan, ini wujud dukungan TNI khususnya prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan (Hanpangan), dengan semangat ikut serta terjun langsung ke sawah bantu para petani desa binaannya saat memanen padi.

“Para Babinsa berikan pendampingan ke warga yang sedang memanen padi. Babinsa sudah melaksanakan tugas kewilayahan yang di perintahkan oleh Komando Atas,” papar Imam.
Lanjut Imam, ini bukan hanya saat panen padi saja, tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi.

“Seperti saat ini yang sedang melaksanakan panen padi, merupakan wujud rasa kepedulian terhadap para petani yang harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat serta sebagai wujud kemanunggalan antara TNI dan rakyat,” tambahnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya