Petugas Rutan Pinrang Jalani Tes Urine, Ali: Kami Serius Laksanakan Pemberantasan Narkoba

05 June 2020 18:16
Petugas Rutan Pinrang Jalani Tes Urine, Ali: Kami Serius Laksanakan Pemberantasan Narkoba
Pegawai Rutan Kelas IIB Pinrang, saat ikuti meeting zoom disela-sela tes urine kepada seluruh jajarannya berlangsung di Aula Rutan Pinrang di Bulu Siapae Km 6, Jalan Poros Pinrang-Parepare, Kelurahan Manarang, Kecamatann Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Sulsel. (Humas Rutan Pinrang)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Untuk mencegah masuknya narkoba ke dalam rutinitas staf atau pegawai di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pinrang, dilaksanakan tes urine kepada seluruh jajarannya.

Walaupun ditengah Covid 19, langkah progresif ini juga dilaksanakan guna memerangi segala bentuk panyalahgunaan narkoba.

Tes urine dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Rutan Pinrang, berlangsung di Aula Rutan Pinrang di Bulu Siapae Kilometer (Km) 6, Jalan Poros Pinrang-Parepare, Kelurahan Manarang, Kecamatann Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (4/5/2020).

Tak hanya petugas yang menjadi benteng penjaga para tahanan maupun narapidana tes urine, giat ini juga diikuti oleh seluruh pejabat Rutan Pinrang termasuk Kepala Rutan (Karutan).

“Kami serius melaksanakan langkah-langkah progresif dalam pemberantasan narkoba dilingkungan Rutan dalam rangka mewujudkan komitmen pemasyarakatan perang melawan narkoba sesuai arahan dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM RI, walaupun disituasi pandemi Covid 19 saat ini,” kata Karutan Pinrang, Ali Imran melalui rilisnya.

Sebelum berlangsungnya tes urine tersebut, telah didahului kegiatan penguatan dan edukasi pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) melalui aplikasi meeting zoom bersama Kepal Divisi (Kadiv) PAS Kemenkumham Perwakilan Sulsel, Taufiqurrahman.

“Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel, melalui Kepal Seksi (Kasi) Penguatan Badan Rehabilitasi dan Rehab, Bambang dan Kapolres Pinrang, AKBP Dwi Santoso juga ikuti kegiatan virtual atau meeting zoom ini,” ujar Ali.

Sementara pesan Taufiqurrahman meminta untuk menyimak, catat dan implementasikan jangan jadikan wacana saja, apa yang disampaikan para pembicara dari BNNP dan Kapolres Pinrang.

“Tingkatkan penggeledahan secara cermat dan santun, mulai dari pintu utama hingga kekamar hunian, dan paling utama jangan mudah terbujuk rayuan hingga terlibat dalam transaksi peredaran narkoba,” pesan Taufiqurrahman.

Dari keseluruhan tes urine yang dilakukan terhadap 53 orang, tak ditemukan satupun petugas yang positif menggunakan narkoba.

Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat Struktural Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Abd.Rahman, Kepala Pelayanan Tahanan Rusdin, Kepala Pengelolaan Mustafa. (Jamro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya