Pinrang Masuk Zona Aman Covid-19 Dari 12 Kabupaten di Sulsel, Dyah: Pemacu Meningkatkan Kewaspadaan Bersama

02 June 2020 03:03
Pinrang Masuk Zona Aman Covid-19 Dari 12 Kabupaten di Sulsel, Dyah: Pemacu Meningkatkan Kewaspadaan Bersama
Kadis Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi. (Andi Jamro/Trans89.com)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Saat ini terdapat 12 kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dinyatakan sementara aman dari pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Sulawsi Selatan (Sulsel), dr Ichsan Mustari.

“Sejauh ini 12 kabupaten di Sulsel yang aman dari Covid-19, dan salah satunya Kabupaten Pinrang, dimana angka reproduksi efektif (Rt) dari 12 wilayah itu sudah di bawah satu,” kata Ichsan.

Berdasarkan pernyataan Kadis Kesehatan Sulsel itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi ucapkan rasa syukurnya atas penilaian tersebut.

“Puji syukur Kabupaten Pinrang termasuk salah satu dari 12 daerah di Sulsel yang masuk zona aman uutuk Covid 19,” ucap Dyah di Pinrang, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, pernyataan tersebut merupakan bentuk apresiasi sekaligus hasil dari kerja keras semua pihak khusunya Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pinrang yang dikomandoi langsung oleh Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid.

“Ini juga sekaligus peran serta masyakarat dalam mentaati protokol kesehatan dan imbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang selama ini,” tutur Dyah.

Ia menjelaskan, berdasarkan pernyataan tersebut, juga menjadi pemacu semangat sekaligus menjadi perhatian semua pihak agar tidak lengah dan tetap waspada dalam menghadapi ancaman pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Pinrang.

“Kita harus jadikan semangat pemacu sekaligus meningkatkan kewaspadaan bersama akan ancaman pandemi Covid-19 di daerah kita khususnya,” jelas Dyah.

Sementara untuk perkembangan terakhir Covid-19 di Kabupaten Pinrang, Dyah menyebutkan ada 7 orang positif, dimana 5 diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan 2 lainnya dalam masa karantina.

“Saat ini ada 2 pasien positif Covid-19, diantaranya sementara dirawat di RSU Andi Makassau Parepare, dan satunya lagi ikut dalam program wisata Covid-19 di Hotel Harper Makassar,” sebutnya.

Selain itu, kata Dyah, dari pasien Covid ke 7 asal Kecamatan Lanrisang , Tim Gerak Cepat (TGC) Dinkes Pinrang dan Puskesmas Lanrisang didampingi Muspika dan camat Lanrisang sudah melakukan tracking (pelacakan) di lokasi, dimana ada 10 orang kontak yang langsung di lakukan rapid test, hasilnya semua non reaktif.

“Ada pasien dalam pengawasan (PDP) yang reaktif dan dirawat di RSU Lasinrang Pinrang dan sudah dirujuk ke RS Sayang Makassar. Kami berharap, hasil swab dan kontak reaktif 2 keluarganya sementara diantar ke Makassar, semoga hasilnya negatif dan tidak ada lagi penambahan kasus,” imbuh Dyah.

Ini 12 kabupaten yang telah dinyatakan aman dari Covid-19 di Sulsel, yakni Kabupaten Pinrang, Bantaeng, Barru, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Selayar, Pangkep, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo dan Palopo. (Jamro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya