Pemuda Wasile Selatan Desak Pemda Halmahera Timur Serius Tangani Covid-19

02 June 2020 23:52
Pemuda Wasile Selatan Desak Pemda Halmahera Timur Serius Tangani Covid-19
Unjuk rasa gabungan Pemuda Wasile Selatan di jalan lintas Halmahera di Desa Ekorino, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Malut. (Aripin/Trans89.com)
.

HALMAHERA TIMUR, TRANS89.COM – Unjuk rasa gabungan dari beberapa pemuda Desa Ekorino, Ekor dan Nusa Jaya yang tergabung dalam Pemuda Wasile Selatan dipimpin William Ambeua.

Aksi tersebut karena massa merasa kecewa terhadap kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang mereka nilai tidak serius dan lambat dalam penanganan Covid-19.

Massa meggelar aksinya dengan menutup jalan lintas Halmahera dengan kursi dan batang bambu serta membakar ban bekas, juga memabawa spanduk bertuliskan, ‘Pemda Haltim Seriusi Penanganan Covid-19’, berlangsung di jalan lintas Halmahera di Desa Ekorino, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Haltim, Maluku Utara (Malut), Senin (1/6/2020).

Pernyataan sikap dan tuntutan massa aksi, William Ambeua mengatakan, Pemda melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Haltim segera menyiapkan alternatif fasilitas tempat isolasi atau karantina terpusat yang memamdai.

“Pemda melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Haltim harus memperhatikan kesejahteraan dan kebutuhan Tim Gugus Tugas baik itu TNI/Polri dan tim medis di pintu gerbang utama Sondo-sondo, Kabupaten Haltim, seperti menyiapkan alat pelindung diri (APD), logistik dan sebagainya,” kata william.

Ia meminta transparansi pengelolaan anggaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Haltim.

“Tim Gugus Tugas Covid-19 Haltim harus mengedukasi lagi secara masif kepada masyarakat tentang pecegahan dan penanganan Covid-19,” pinta William.

Sementara orasi William menyampaikan, kepemimpinan suatu pemerintahan merupakan suatu kunci untuk dapat meminimalisir pencegahan penyebaran Covid-19.

“Pemda Kabupaten Haltim perlu berkaca pada daerah daerah lain seperti Kabupaten Morotai, Kota Ternate dan lainnya yang ada di Indonesia. Setidaknya, daerah-daerah lain mampu bergerak cepat mengidentifikasi warga yang positif Covid-19,” papar William.

Dirinya mengemukakakn, daerah lain mampu menekan tingkat penularan, menyediakan fasilitas kesehatan, menjamin kebutuhan tim yang bertugas di garda terdepan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Selain itu, daerah lainnya jug mampu melakukan keterbukaan informasi publik untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan publik secara transparansi,” ujar William. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya