Kasus Pertama Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Toraja Utara

02 June 2020 02:25
Kasus Pertama Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Toraja Utara
Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat konfrensi pers di Posko Satgas Covid-19 Toraja Utara di Lembang Tondon, Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel. (rakyatsulsel.co)
.

TORAJA UTARA, TRANS89.COM – Semenjak mewabahnya pandemi virus corona di Indonesia, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganaan Percepatan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara (Torut) untuk pertama kalinya mengkonfirmasi kasus pasien positif Covid-19.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengumumkan kasus pertama warganya yang dinyatakan positif Covid-19. Diketahui sebelumnya, Toraja Utara selama beberapa bulan tercatat sebagai salah satu daerah di Sulsel yang nihil kasus Covid-19.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, mengatakan pasien yang positif Covid-19 adalah mahasiswa Teologia di Tangerang.

“Dia tidak memiliki gejala apapun, sehingga dikategorikan orang tanpa gejala (OTG),” kata Kalatiku didampingi Juru Bicara Satgas Anugrah Yaya Rundupadang, Kadis Kesehatan Torut Elizabeth R Zakaria dan Direktur RSUD Pongtiku dr Remen di Posko Satgas Covid-19 Toraja Utara di Lembang Tondon, Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Minggu (31/5/2020).

Menurut dia, pasien yang positif Covid-19 laki-laki berinisial RS (24) warga Kelurahan Malanggo, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara.

“Pasien memilik riwayat perjalanan dari Kabupaten Toraja Utara ke Tangerang dalam rangka mengikuti study belajar calon pendeta pantekosta. Setelah selesai mengikuti study belajar di Tangerang, pasien kembali ke Toraja Utara, kemudian pasien pertama (01) sebagai OTG,” tutur Kalatiku.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan real time polymerase chain reaction (PCR) yang diterima pada Minggu 31 Mei 2020 dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Provinsi Sulsel, yang bersangkutan dinyatakan positif terjangkit virus corona.

“Sekitar pukul 16.30 WITA, kasus pertama pasien yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil sampel swab dari BBLK Makassar, diberangkatkan ke Kota Makassar untuk mengikuti program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, yaitu wisata Covid-19 untuk menjalani perawatan lebih lanjut di salah satu hotel di Makassar,” jelas Kalatiku.

Kalatiku imbau masyarakat Kabupaten Toraja Utara tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imun tubuh.

“Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu physical distancing dengan menjaga jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker keluar rumah dan tidak berkerumun,” pesan Kalatiku. (Santoso/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya