Kapolres Serdang Bedagai Salurkan Bibit Sayuran ke Kelompok Tani Sebagai Pelopor Ketahanan Pangan

01 June 2020 04:14
Kapolres Serdang Bedagai Salurkan Bibit Sayuran ke Kelompok Tani Sebagai Pelopor Ketahanan Pangan
Sebagai pelopor ketahanan pangan, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang melakukan penaburan benih bibit penanaman padi pada lahan persawahan seluas 30 hektar dan penyaluran bantuan bibis sayuran di Desa Payamabar, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut. (Rahmat Hidayat/Trans89.com)
.

SERDANG BEDAGAI, TRANS89.COM – Sebagai pelopor ketahanan pangan, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang melakukan penaburan benih bibit penanaman padi pada lahan persawahan seluas 30 hektar di Desa Payamabar, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (30/5/2020).

Turut hadir Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, Wakapolres Kompol Sofyan, Sekda Kabupaten Sergai M Faisal Hasrimy, Para PJU Polres Sergai, Anggota DPRD Sergai Togar Situmorang, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ikshan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, mengatakan kegiatan penaburan benih tersebut upaya Polres Serdang Bedagai sebagai pelopor ketahanan pangan untuk menindak lanjuti program pemerintah tentang ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19 kususnya di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai.

“Sebagai pelopor ketahanan pangan, Polres bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai mengalihfungsikan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 30 Ha yang kurang produktif diubah menjadi lahan persawahan untuk memenuhi ketahanan pangan selama situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sergai,” kata Kapolres Robin.

Menurut dia, program ketahanan pangan dibuat dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Sergai selama masa pandemi Covid-19.

“Jadi masyarakat tidak bergantung lagi dengan bantuan pemerintah,” tutur Robin.

Ia menyebutkan, Polres Serdang Bedagai juga turut andil dalam menjaga ketahanan pangan, dengan melakukan penanaman padi pada lahan seluas 2 Ha untuk ketersediaan pangan di Kabupaten Sergai, dan hasil keuntungan dari penanaman padi tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Polres Sergai juga akan menanam padi pada lahan seluas 2 hektar sebagai upaya menjaga ketersedian pangan. Hasilnya nanti akan kita bagikan kepada masyarakat Sergai yang membutuhkan,” sebut Robin.

Dirinya menjelaskan, kegiatan serupa juga akan dilakukan di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Sergai sejajaran Polsek Polres Sergai, dan ini disesuaikan dengan wilayah alam masing-masing.

“Jika wilayah pesisir tentunya dengan budidaya ikan, jika dataran tinggi bisa dengan sayuran, dan perkebunan dengan buah-buahan,” jelas Robin.

Selain menaburkan benih padi, Kapolres juga memberikan bantuan bibit sayuran kepada kelompok tani Sido Horas, Desa Paya Mabar. Bantuan tersebut berupa bibit kangkung, pare, sawi, kacang panjang dan cabai.

Selain itu, Kapolres Sergai juga memberikan bantuan 100 paket sembako berupa beras 5 kilogram (kg) kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu untuk meringankan beban ekonomi selama pandemi Covid-19.

“Jangan lihat dari harganya, namun lihat dari kepedulian Polres Sergai dalam rangka membantu meringankan beban ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19,” demikian Robin. (Rahmat/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya