Pemkab Pinrang Terima Predikat WTP ke 8 Kalinya Secara Berturut-Turut Dari BPK

29 May 2020 23:03
Pemkab Pinrang Terima Predikat WTP ke 8 Kalinya Secara Berturut-Turut Dari BPK
Penyerahan WTP dari BPK RI Perwakilan Sulsel terhadap LHP atas LKPD Kabupaten Pinrang tahun anggaran 2019 melalui vicon, dimana Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid dan Ketua DPRD Pinrang, Muhtadin lakukan penandatanganan berita acara berlangsung di gedung Jendela Lasinrang Diskominfo Pinrang. (Dok. Dinas Kominfo Pinrang)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) terhadap laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kabupaten Pinrang tahun anggaran 2019.

WTP yang diterima Pemkab Pinrang merupakan yang kedelapan kalinya secara beruntun sejak tahun 2012.

WTP ini diberikan pada kegiatan penyerahan LHP atas LKPD Tahun 2019 pada 18 kabupaten se-Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) secara serentak melalui video conference (vicon), Jumat (29/5/2020).

Untuk pertama kalinya di tahun 2020 ini, penyerahan LHP atas LKPD Kabupaten Pinrang 2019 dilakukan secara online dari kantor BPK RI Perwakilan Sulsel yang diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono kepada bupati/walikota di 18 kabupaten se-Sulsel.

Penyerahan LHP LKPD Kabupaten Pinrang 2019 dilakukan secara online, dikarenakan di Sulsel saat ini sedang mengalami pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Wahyu Priyono menyampaikan bahwa fokus audit LKPD 2019 ini adalah pemeriksaan laporan keuangan atas pelaksanaan APBD 2019 Kabupaten Pinrang, baik pada kas umum daerah maupun kas dana BOS dan BLUD.

“Juga dilakukan pemeriksaan atas sistem pengendalian intern dan kepatuhan atas peraturan perundang-undangan. Dan sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) diberikan waktu 60 hari sebagai masa aksi tindaklanjut atas temuan pemeriksaan,” papar Wahyu.

Penyerahan LHP LKPD tahun 2019 melalui vicon ini dihadiri Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid dan Ketua DPRD Kabupaten Pinrang, Muhtadin melalui vicon di gedung Jendela Lasinrang Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pinrang.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen yang telah bekerja keras sehingga Kabupaten Pinrang dapat mempertahankan predikat WTP untuk kedelapan kalinya.

“Saya berharap, keberhasilan ini bisa dijadikan motivasi supaya ke depan kinerja Pemkab Pinrang semakin lebih baik dan bebas dari korupsi,” ucap Irwan.

Menurut dia, kedepan, Pemkab Pinrang akan terus berusaha agar capaian ini terjaga.

“Kita akan perketat pengawasan dan sistem pengelolaan keuangan dengan benar, agar tepat sasaran,” tutur Bupati Irwan.

Nampak hadir di giat tersebut Wakil Bupati Pinrang Alimin, Wakil Ketua DPRD Pinrang Syamsuri, Sekda Pinrang Andi Budaya, Inspektur Inspektorat Pinrang Hairuddin Bakri, dan OPD lingkup Pemkab Pinrang. (Jamro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya