Dugaan Korupsi Sekitar Rp596 Juta, Oknum Mantan Kades Beno Harapan di Kutai Timur Vonis 5 Tahun Penjara

29 May 2020 19:21
Dugaan Korupsi Sekitar Rp596 Juta, Oknum Mantan Kades Beno Harapan di Kutai Timur Vonis 5 Tahun Penjara
Ilustrasi Korupsi DD dan ADD. (Ist)
.

KUTAI TIMUR, TRANS89.COM – Oknum mantan kepala Desa (Kades) Beno Harapan, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim), harus menjalani hukuman selama 5 tahun penjara.

Perbuatan terdakwa oknum mantan Kades Beno Harpan, AG terbukti melanggar Pasal 2 Ayat 1 Junto (Jo) 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 yang telah di ubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang korupsi,

Hukuman ini berdasarkan putusan Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Samarinda dipimpin Hakim Deky Velik Wagiju beranggotakan Arwin Kusuma pada pekan lalu.

Oknum mantan Kades Beno Harapan, AG yang selaku terdakwa juga di denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan serta kewajiban membayar uang pengganti Rp596 juta, namun jika tidak di bayar maka akan di kurung selama 2 tahun penjara.

“Perbuatan mantan Kades Beno Harapan, AG sangat merugikan negara, namun tidak ada niat sama sekali mengembalikan uang yang di gunakan untuk kepentingan pribadinya,” ungkap Hakim Tipikor Samarinda dalam amar putusannya dikutip laman kabaretam.com.

Kasus ini bermula karena adanya laporan masyarakat Desa Beno Harapan, Kecamatan Batu Ampar ke Polres Kutim terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di desa mereka.

Berdasarkan laporan masyarakat, penyidik Polres Kutim melakukan penyelidikan dan hasilnya memang ada dugaaan korupsi.

Untuk itu, tim penyidik meminta agar Bawasda meminta AG mengembalikan dana negara, namun hingga batas waktu di tentukan yakni 60 hari tidak ada pengembalian dana, akhirnya kasus ini lanjut dan di proses.

“Mantan Kades Beno Harapan, AG dinyatakan bersalah melakuka korupsi setelah menjalani persidangan dan di temukan kerugian negara Rp596 juta lebih yang di duga di gunakan untuk kepentingan pribadinya,” ucap Hakim dalam Persidangan. (Adam/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya