Panyaluran BLT Tahap I di Desa Randomayang, Pasangkayu

22 May 2020 07:35
Panyaluran BLT Tahap I di Desa Randomayang, Pasangkayu
Pemerintah Desa Randomayang menyalurkan BLT DD kepada masyarakat tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19 di Desa Randomayang, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pemerintah Desa Randomayang menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) menggunakan dana desa (DD) kepada masyarakat tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19 di Desa Randomayang, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (21/5/2020).

Hadir di kegiatan tersebut, Camat Bambalamotu Darwin, Kepala Desa (Kades) Randomayang Ahmad Kharli, perwakilan Danramil 1427-02 Randomayang Pelda Irianto, perwakilan Polsek Bambalamotu Ipda Ketut dan Pendamping Desa di Kecamatan Bambalamotu Rahmadi.

Kades Randomayang, Ahmad Kharli, mengatakan pemerintah desa memberikan BLT ini akibat adanya dampak Covid-19 dan bantuan ini khusus untuk warga yang dinilai kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan selama 3 bulan kedepan mulai April sampai Juni.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada penerimah BLT untuk selalu memakai masker bila keluar rumah dan memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan pokok sehari-hari saja,” kata Kharli.

Menurut dia, kalau sesuai kebutuhan, Rp600 ribu itu cukup dipakai selama satu bulan, sesuaikan saja kebutuhan, dan sekali lagi jangan di gunakan selain untuk bahan pangan.

“Saya berpesan, agar jelang lebaran ini untuk tidak kemana-mana dan tidak menerima tamu siapapun. Saya tegaskan, jangan menerima tamu siapapun yang dari luar daerah, hal ini sebagai upaya memutus penularan Covid-19,” tutur Kharli.

Sementara Camat Bambalamotu, Darwin, menymapikan pemberian BLT DD ini merupakan agenda nasional yang tujuannya untuk membantu masyarakat akibat wabah Covid-19, karena tugas pemerintah adalah untuk melindungi masyarakatnya.

“Saya berharap masyarakat komitmen terhadap anjuran pemerintah untuk sama-sama memutus rantai covid-19. Mengingat bantuan BLT ini diterima tiga tahap, jadi kepada warga lebih baik dirumah saja dulu. Jangan ada yang mudik dulu,” papar darwin.

Ia meminta kepada pihak TNI/Polri untuk lebih tegas lagi melaksanakan pemantauan. Dan kepada warga yang menerima BLT agar menggunakannya sesuai kebutuhan saja.

“Mudah-mudahan bantuan ini dimamfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dirumah selama pandemi covid-19. Hari ini semua desa di Kecamatan Bambalamotu selesai membagikan BLT,” ujar Darwin.

Pemerintah Desa Randomayang menyerahkan BLT dari DD tahun 2020 tahap pertama kepada 216 Kepala Keluarga (KK) di delapan dusun, yakni Dusun Randomayang I sebanyak 42 KK, Randomayang II sebanyak 26 KK, Batio 37 KK, Kampung Baru 31 KK, Likumpubura 17 KK, Salunggaluku I sebanyak 17 KK, Salunggaluku II sebanyak 26 KK dan Matua Jaya 24 KK. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya