Karyawan PT IKSG Tuban Dirumahkan, Tuntut Untuk Dipekerjakan Kembali

20 May 2020 01:15
Karyawan PT IKSG Tuban Dirumahkan, Tuntut Untuk Dipekerjakan Kembali
Mediasi karyawan PT IKSG yang dirumahkan berlangsung di gedung serbaguna PT IKSG di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jatim. (Fahmi S/Trans89.com)
.

TUBAN, TRANS89.COM – Pelaksanakan mediasi karyawan PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) yang dirumahkan diikuti 20 orang dipimpin Suko Sisyadi, berlangsung di gedung serbaguna PT IKSG di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim), Senin (18/5/2020).

Hadir di mediasi tersebut Humas PT IKSG Sayekti, Joko dan Kardoyo, Babinsna 0811-15 Jenu Pelda Aminto, Kanit Intelkam Polsek Jenu Aiptu Parito dan perwakilan karyawan PT IKSG yang di PHK.

Humas PT IKSG, Sayekti ucapkan permohonan maaf sebanyak-banyaknya, dan kami mewakili management serta harus kita ketahui bersama, namun situasi ini IKSG mengambil langkah-langkah kebijakan.

“Namun yang kita pikirkan faktor biaya dan harus ada pengurangan. Ini sudah menjadi instruksi Komisaris. Kalau rencana IKSG tidak ada pengurangan karyawan bagian mesin, dan sekarang dilihat kondisi situasi saat ini sehingga perlu dan harus dilakukan,” ucap Sayekti.

Ia menyebutkan, Komisaris menyampaikan IKSG harus bisa membenahi pekerjanya, dan kita harus mengurangi pekerja mesin, mau tidak mau harus mengurangi volume pekerja, karena terkait adanya wabah Covid-19 yang saat ini sangat berdampak terhadap pekerjaan.

“Karyawan organik harus dimaksimalkan dan mohon pengertiannya. IKSG saat ini harus mengambil langkah-langkah meskipun pengambilan keputusan ini sulit, tetapi harus diterima, dengan karyawan 100 orang untuk istirahat dirumah,” sebut Sayekti.

Karyawan PT IKSG, Suko Sisyadi sangat menyayangkan terkait pekerja yang di PHK sangat banyak, masyarakat sangat keberatan, dan juga menuntut jaminan.

“Saya tetap menolak, mohon ini di kaji ulang. Selama ini kita kerja di IKSG sangat lama dan tiba-tiba ada pengurangan yang sangat banyak, kenapa orang lama yang dikeluarkan dan orang baru dipertahankan,” tanya Suko.

Karyawan PT IKSG lainnya, Kosim menyampaikan karyawan yang berada di bagian mesin dan juga sudah lama tolong ini dipertahankan, dan minta penjelasan yang jelas dengan menejemen terkait keputusannya.

“Kami mohon pimpinan IKSG dan kebijaksanaannya, kita juga tidak punya harapan pekerjaan lagi. Jadi mohon ini juga dipikirkan, yang seharusnya orang baru keluar, orang yang lama di pertahankan,” papar Kosim.

Humas PT IKGS, Sayekti, menjelaskan, untuk sementara karyawan dirumahkan, bila situasi kembali normal akan dilakukan pengerjaan lagi, dan harus menerima apa yang disampaikan merupakan keputusan Komisaris.

“Diharapkan semua karyawan PT IKSG mengerti dan memahami dengan adanya situaai seperti ini. Mari kita semua berdoa agar pandemi Covid-19 cepat selesai, sehingga rekan-rekan karyawan yang dirumahkan bisa kerja kembali,” jelasnya. (Fahmi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya