Kontak Dengan 12 Pasien Positif Covid-19, 141 Orang di Sikka Jalani Rapid Test Berdasarkan Hasil Tracking

17 May 2020 04:16
Kontak Dengan 12 Pasien Positif Covid-19, 141 Orang di Sikka Jalani Rapid Test Berdasarkan Hasil Tracking
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus gelar konfrensi pers hasil tracking kontak 12 pasien positif Covid-19 berlangsung di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT. (Arman Legawa/Trans89.com)
.

SIKKA, TRANS89.COM – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus gelar konfrensi pers hasil tracking (pelacakan) kontak 12 pasien positif Covid-19 berlangsung di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (16/5/2020).

Petrus Herlemus menyampaikan, sampai hari ini ada sebanyak 141 warga Kabupaten Sikka yang dilaporkan pernah melakukan kontak erat dengan 12 pasien positif di Sikka.

“Ke 141 orang itu hari ini akan menjalani pemeriksaan rapid test Covid-19 yang tersebar di wilayah Desa Wailamung dan Nangahale, Kecamatan Waigetedan Lela,” papar Petrus.

Sedangkan untuk Kecamatan Doreng dan Kecamatan Alok, kata Petrus, dari hasil penelusuran Gugus Tugas tidak ditemukan rekam jejak.

“Hal ini di karenakan ketiga warga yang positif ini tidak pernah kembali ke Doreng dan Alok Timur untuk menjalani karantina mandiri. Mereka tetap bertahan di lokasi karantina terpusat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka,” katanya.

Petrus menyebutkan, dengan pelaksaan rapid test hari ini, pada malam sebentar hasilnya sudah bisa diketahui. Dan jika ada warga yang reaktif rapid test, maka akan dijemput untuk ditempat di lokasi karantina terpusat.

“Sebelumnya warga yang kontak erat dengan salah seorang pasien positif corona di Desa Hoder, Kecamatan Waigete, di jemput oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk mengikuti pemeriksaan rapid test di Puskesmas Waigete,” sebutnya.

Potensi penularaan virus Covid-19 terutama dari klusters eks Lambelu di Sikka sangat tinggi, pasalnya sebagian besar eks penumpang sudah sempat dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Guna mencegah penyebaran virus, selain diperlukan upaya tracking secara maksimal, juga dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Arman/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya