Berawal Cari Satwa Liar, Berujung Pengrusakan Fasilitas Balai Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

15 May 2020 03:40
Berawal Cari Satwa Liar, Berujung Pengrusakan Fasilitas Balai Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi
Aksi spontan warga Desa Sarongan dan Kandangan diikuti ratusan orang lakukan pengrusakan di kantor BTNMB di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jatim. (Fahmi S/Trans89.com)
.

BANYUWANGI, TRANS89.COM – Aksi spontan warga Desa Sarongan dan Kandangan diikuti ratusan orang lakukan pengrusakan di kantor Balai Taman Nasional Meru Betiri (BTNMB) di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), Rabu (13/5/2020).

Warga meminta pertanggungjawaban pihak BTNMB atas meninggalnya SM (40) warga Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, ketika sedang mencari burung dan di pergoki pihak petugas BTNMB, dimana Semianto saat itu langsung melarikan dan di temukan dengan kondisi sudah meninggal dunia.

Kronologi kejadian, pada Hari Senin 11 Mei 2020, Semianto dan anaknya Rendy sedang mencari burung di area Sukamade dan kemudian petugas Pelindung Alam (PA) BTNM) memergoki keduanya dan RN (21) di tangkap sedangkan Semianto bisa meloloskan diri. Kemudian pihak PA BTNMB menyerahkan Rendy ke Polsek Pesanggaran.

Pada Hari Rabu 13 Mei 2020, warga Dusun Sukamade, Desa Sarongan menemukan jenazah Semianto di sungai dengan kondisi telungkup dan sudah meninggal dunia, kemudian menyampaikan hal itu ke pihak warga Desa Sarongan. Selanjutnya pihak keluarga korban dan warga berangkat menuju lokasi penemuan jenazah di area sungai Sukamade.

Mengetahui penemuan jenazah Semianto akibat dari penangkapan pihak PA BTNMB, maka warga secara spontan berdatangan di depan kantor PA BTNMB guna melakukan aksi untuk minta pertanggungjawaban atas meninggalnya Semianto.

Massa melakukan aksi anarkis masuk ke kantor PA BTNMB dengan merusak fasilitas perkantoran dan kendaraan roda empat dan dua. Massa aksi bisa di hentikan aparat Polsek Pesanggaran dan Babinsa.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Mujiono ditemui di tempat kejadian perkara (TKP), mengatakan kejadian terjadi sekira pukul 14.30 WIB, Rabu 13 Mei 2020.

“Kurang lebih ada ratusan massa yang datang Kantor Balai Taman Nasional Meru Betiri, Dusun Krajan RT O3 RW 03 Desa Sarongan hendak menuntut tanggungjawab kematian satu orang yang dicurigai hendak mencari burung liar di kawasan Meru Betiri,” katanya.

Menurut Mujiono, kedatangan massa tersebut meminta pertangungjawaban kepada pihak BTNMB atas meninggalnya satu orang inisial SM warga Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

“Yang bersangkutan SM, digrebeg pihak pelindung alam yang curiga hendak mencari burung di kawasan Meru Betiri. Namun SM melarikan diri dan di ketemukan meninggal dunia,” tuturnya.

Kapolsek menjelaskan, SM bersama anaknya RN sedang mencari burung di area Sukamade dan digrebek oleh petugas PA BTNMB, RN berhasil ditangkap petugas, sedangkan SM lolos melarikan diri yang kemudian sekitar pukul 23.00 wib pihak PA menyerahkan RN ke Polsek Pesanggaran atas tuduhan dugaan pencurian burung.

“Tak lama kemudian sekitar pukul 11.00 Wib pihak keluarga korban dan warga berangkat menuju lokasi penemuan jenasah di area sungai Sukamade,” jelasnya.

Mujiono menyebutkan, mengetahui penemuan jenazah Semianto karena dampak dari penangkapan pihak PA maka warga spontan berdatangan dan berkumpul di depan kantor Pelindung Alam Balai Taman Nasional Meru Betiri untuk meminta pertangungjawaban pihak petugas PA Meru Betiri,

“Terjadilah pengerusakan fasilitas kantor dan akhirnya dapat dihentikan. Tadi RN anak korban sudah dikembalikan ke rumahnya. Sedangkan jenasah SM masih di lakukan otopsi di rumah sakit Blambangan Banyuwangi,” sebutnya.

Akibat dari kejadian itu, 2 anggota PA BTNMB alami luka di pelipis berdarah akibat amukan massa dan juga 1 unit kendaraan roda empat merupakan kendaraan dinas jenis Mitsubishi Strada Triton rusak berat dengan kaca depan, samping kanan kiri, bemper pecah, 5 motor dinas trail jenis Kawasaki KLX rusak lampu depan dan tangki. (Fahmi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya