Update Covid-19 di Riau, Ada Penambahan 2 Kasus Positif Corona

12 May 2020 02:05
Update Covid-19 di Riau, Ada Penambahan 2 Kasus Positif Corona
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-10 Provinsi Riau, dr Indra Yovi kembali merilis penambahan 2 kasu pasien positif Covid-19 di wilayah provinsi Riau, berlangsung di Posko Tim Gugus Tugas Balai Serindit, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Pekanbaru, Riau. (Tony Wijaya/Trans89.com)
.

PEKANBARU, TRANS89.COM – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-10 Provinsi Riau, dr Indra Yovi kembali merilis penambahan 2 kasu pasien positif Covid-19 di wilayah provinsi Riau, berlangsung di Posko Tim Gugus Tugas Balai Serindit, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (10/5/2020).

Turut hadir Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir, Asisten III Sekretariat Provinsi (Setprov) Riau Syahrial Abdi, Direktur RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dr Nurzeli Husnedi.

Indra Yovi mengatakan, informasi per hari Minggu tanggal 10 Mei 2020 di Provinsi Riau terdapat penambahan 2 kasus positif covid-19, dan terdapat penambahan 11 pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh.

“Total positif 73 kasus, dimana 28 dirawat, 39 sehat dan sudah dipulangkan, dan 6 meninggal dunia. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 169 orang, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 642 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 104 orang. Orang Dalam Pemantuan (ODP) berjumlah 6.931 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 50.857 orang,” kata Indra.

Menurut dia, pasien kasus 72 positif covid-19 di Riau adalah Tuan UM (20) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Inhil, Tuan UM (20) merupakan hasil tracing dari klaster kepulangan santri dari Jawa Timur (Jatim), pasien kasus 73 positif covid-19 di Riau adalah Ny R (46) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru, Ny R (46) memiliki riwayat perjalanan dari Medan, Sumatera Utara (Sumut).

“Kabar baik hari ini, penambahan pasien sembuh dan pulang adalah Tuan AS (54) warga Kabupaten Indragiri Hulu, Ny DS (86) warga Kota Pekanbaru, Ny DA (42) warga Kota Pekanbaru, Tuan R (44) warga Kota Dumai, Ny K (46) warga Kota Dumai, Ny S (31) warga Kota Dumai, Ny T (39) warga Kota Dumai, Ny IY (29) warga Kota Dumai, Tuan DYA (2) warga Kota Dumai, Tuan S (69) warga Kota Pekanbaru, dan Tuan IS (71) warga Kota Dumai,” tutur Indra.

Ia menyebutkan, sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah menerima 2.272 spesimen dan telah memeriksa 1.626 spesimen.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan, lakukan pembatasan fisik (physical distancing) walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Bila harus keluar, gunakan masker sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Rutin mencuci tangan. Jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup,” sebut Indra.

Dirinya meminta untuk tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya dengan menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 Undang-Undang (UU) 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, dan mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP dan tenaga medis, jangan berstigma negatif terhadap mereka.

“Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 0761-23810 dan tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini. Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya,” pinta Indra. (Tony/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya