Bupati Pimpin Rakor Pemantapan Penyaluran BLT Menggunakan APBD Majene

11 May 2020 03:27
Bupati Pimpin Rakor Pemantapan Penyaluran BLT Menggunakan APBD Majene
Pemda Kabupaten Majene gelar Rakor pemantapan penyaluran BLT yang menggunakan APBD Kabupaten Majene tahun 2020 dipimpin langsung Bupati Majene, Fahmi Massiara di ruang pola kantor bupati, Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Majene, Sulbar. (Ibrahim/Trans89.com)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Majene gelar rapat koordinasi (Rakor) pemantapan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Majene tahun 2020.

Rakor tersebut dipimpin langsung Bupati Majene, Fahmi Massiara di ruang pola kantor bupati, Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (10/5/2020) malam.

Hadir di giat tersebut, Wakil Bupati Majene Lukman, Ketua DPRD Majene Salmawati Djanado, Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji, Dandim 1401 Majene Letkol Inf Yudi Rombe, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Majene Kasman dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Majene.

Fahmi Massiara mengatakan, pPada kesempatan ini sudah dirancang pembagian tim yang akan bergerak bersamaan secara aktif untuk membagikan bantuan BLT di wilayah Kabupaten Majene.

“Titik keberangkatan tim pembagi BLT akan ditentukan oleh koordinator di setiap tim. Seluruh tim ini akan membawa uang BLT dari Dinas Sosial (Dinsos) yang akan ikut di tim tersebut. Koordinator tim bertugas untuk menentukan pembawa BLT pada hari tersebut,” kata Fahmi.

Kasman mengutarakan, penyaluran BLT melalui dana APBD ini akan mulai dilakukan pada hari Selasa 12 Mei 2020, sedangkan BLT menggunakan dana desa (DD) mulai didistribusikan pada 11 Mei 2020.

“BLT ini diberikan kepada kepala keluarga (KK) miskin yang tidak dapat BLT dari DD, tidak mendapatkan program keluarga harapan (PKH) maupun sembako, tidak mendapatkan bantuan sosial (Bansos) tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos). BLT ini diberikan kepada KK yang kehilangan pekerjaan akibat wabah Covid-19,” tutur Kasman.

Ia mejelaskan, setiap KK mendapatkan bantuan sebesar Rp1.800.000 yang dibagi dalam 3 tahap, yaitu tahap pertama paling lambat minggu kedua Bulan Mei sebesar Rp600.000, tahap kedua paling lambat minggu kedua Bulan Juni sebesar Rp600.000, dan tahap ketiga paling lambat minggu pertama Bulan Juli sebesar Rp600.000.

“Penyaluran BLT akan diawasi oleh aparat TNI dan POLRI untuk pengamanan serta kontrol terhadap pemberian BLT,” jelas Kasman.

Dirinya menyebutkan, setiap KK yang mendapatkan BLT diwajibkan memperlihatkan dokumen berupa KTP asli, KK asli dan fotokopi KK, kemudian fotokopi KK selanjutnya akan dikumpulkan sebagai arsip, dan KK penerima BLT wajib memberikan tandatangan setelah menerima BLT.

“Dinsos mengisi berita acara yang ditandatangani Lurah/Kades dan aparat TNI/Polri sebagai saksi. Semua dokumen yang dibuat pada tahap pertama akan menjadi syarat pada penyaluran BLT tahap kedua. Dalam penyaluran BLT, wajib mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan menghindari keramaian,” sebut Kasman.

Ada 5 Tim yang melaksanakan pembagian BLT di wilayah Kabupaten Majene. Tim 1 dari Dandim 1401 Majene selaku koordinator Kadis Sosial, Kepala Satpol PP, Kepala BPKAD, Kepala Dinas (Kadis) PUPR, Kadis PMD dan Kasubbag Protokoler Pemkab Majene.

Tim 2 Wakil Bupati Majene selaku Koordinator, Sekda Majene, Kadis Dukcapil Kepala Kesbangpol, Kadishub Majene dan Binda Kabupaten Majene.

Tim 3 Ketua DPRD Majene selaku koordinator, Inspektur Kabupaten, Kadis Kesehatan, Kepala BPBD Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD serta Kabid Anggaran.

Tim 4 Kapolres Majene selaku koordiantor, Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Nakertrans, Direktur RSUD, Ketua PMI, Kabid Linjamsos Dinas Sosial dan Kepala IFK Dinas Kesehatan.

Tim 5 Kajari Majene selaku koordinator, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kadis DLHK, Kepala Bapenda, Kepala Kantor Kemenag Majene, dan Sekretaris BPBD Majene. (Baim/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya