Korps BPA : Izin PT EMM di Batalkan di MK, Kawal Kemenangan Rakyat Aceh

07 May 2020 02:28
Korps BPA : Izin PT EMM di Batalkan di MK, Kawal Kemenangan Rakyat Aceh
Koordinator Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA), Mutawalli. (Aljawahir/Trans89.com)
.

NAGAN RAYA, TRANS89.COM – Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan Kasasi LSM Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh dan warga, terkait izin PT Emas Mineral Murni (EMM) di Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Dalam Amar Putusan Kasasi itu disebutkan, ‘kabul Kasasi, batal Judex Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), adili sendiri, tolak eksepsi, kabul gugatan, batal dan wajib cabut objek sengketa’.

Keputusan MA yang mengabulkan gugatan Kasasi Walhi Aceh dan warga telah memberikan rasa keadilan bagi sumber kehidupan Aceh jangka panjang dari ancaman kegiatan pencemaran lingkungan hidup dan merusak tatanan sosial.

Hal itu baik secara de facto dan de jure PT EMM resmi tidak dapat melaksanakan kehendaknya menambang di wilayah Beutong dan Aceh Tengah untuk menghasilkan bongkahan emas serta kandungan lainnya di dalamnya.

Koordinator Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA), Mutawalli, ucapkan Alhamdulillah kemenangan ini tetap kita kawal, kita tidak boleh terlena, karena lawan kita adalah korporat-korporat yang terus mengincar dan akan mencuri hasil kekayaan alam Aceh.

“Dengan melangkahi, mengabaikan dan memperkosa kewenangan Aceh, bisa saja suatu waktu mereka akan hadir dengan wajah baru, panjang umur perjuangan. Izin PT EMM di batalkan di MK, mari bersama kawal kemenangan rakyat Aceh,” ucap Mutawalli di Nagan Raya, Rabu (6/5/2020). (Alja/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya