Intensitas Hujan Tinggi di Hulu Sungai Lariang, Desa Ompi dan Sumbersari di Pasangkayu Tergenang Banjir

03 May 2020 19:24
Intensitas Hujan Tinggi di Hulu Sungai Lariang, Desa Ompi dan Sumbersari di Pasangkayu Tergenang Banjir
Kapolres Matra, AKBP Leo H Siagian saat mendistribusikan bantuan sembako ke wilayah terdampak bajir di wilayah bantaran sungai Lariang seperti di Desa Ompi dan Sumbersari, Kecamatan Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Radit Anggara/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasangkayu, Mulyadi Halim membenarkan terjadi banjir di Desa Ompi dan Sumbersari, Kecamatan Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (3/5/2020).

“Banjir di wilayah bantaran sungai Lariang itu akibat meluapnya air sungai Lariang, disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi di hulu sungai Lariang yang terletak di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Dan untuk sementara ini tidak ada korban jiwa akibat adanya banjir tersebut,” ujar Mulyadi.

Pihaknya saat ini belum mengetahui kerugian materi adanya banjir tersebut, termasuk berapa kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir.

“Tim BPBD Pasangkayu dan Polres Mamuju Utara (Matra) saat ini sedang berada di lokasi banjir untuk lakukan evakuasi bagi warga yang memerlukan evakuasi dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi, karena dikhawatirkan akan turun hujan dan debit air juga akan meningkat” sebut Mulyadi.

Menurut dia, sampai dengan pukul 18.00 WITA, air masih belum turun dan kemungkinan akan naik karena mendung.

“Diperkirakan akan turun hujan lagi, dimana ketinggian air di jalan-jalan desa dan pekarangan rumah warga mencapai sekitar 30 centimeter (cm). Apabila intensitas hujan di hulu sungai Lariang tidak menurun, tidak menutup kemungkinan luasan dan ketinggian banjir di Desa Ompi dan Sumbersari akan meningkat,” tutur Mulyadi.

Ia mengungkapkan, mengenai bantuan sembako kepada warga terdampak banjir, hal tersebut menjadi domain dari Dinas Sosial (Dinsos) Pasangkayu.

“Kita akan segera koordinasikan dengan Dinsos terkait langkah yang akan dilakukan terkait bantuan sembako,” ungkap Mulyadi. (Radit/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya