Bupati Karimun Salurkan Bantuan 33 Ribu Paket Sembako, Aunur: Program Satu Tahun Atau Stimulan Rp80 Miliar

03 May 2020 23:09
Bupati Karimun Salurkan Bantuan 33 Ribu Paket Sembako, Aunur: Program Satu Tahun Atau Stimulan Rp80 Miliar
Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan bantuan pakket sembako terhadap warga terdampak Covid-19 di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso, Tanjungbalai Kota, Kabupaten Karimun, Kepri. (Arif Yoga/Trans89.com)
.

KARIMUN, TRANS89.COM – Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan bantuan pakket sembako terhadap warga terdampak Covid-19 di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso, Tanjungbalai Kota, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (2/5/2020).

Sambutan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karimun, Sahruddin ucapkan syukur kita pada hari ini, Allah SWT, dalam kegiatan ini nantinya ada sebanyak 33.000 ribu paket sembako yang akan disalurkan kepada warga miskin di setiap kelurahan dan desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Karimun.

“Masing-masing penerima bantuan diantaranya Kecamatan Karimun 5.786 paket, Tebing 3.570, Meral 4.000, Meral Barat 2.496, Ungar 1.550, Belat 1.317, Buru 1703, Durai 1.618, Kundur 2.970, Kundur Barat 2050, Kundur Utara 2.388 dan Moro 3.552,” ucap Sahruddin.

Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bantuan kebutuhan bahan pokok ini akan kita salurkan kepada masyarakat, bantuan ini dialokasikan dari APBD, dimana meliputi minyak, beras, gula, mie instan dengan total Rp6,6 miliar di tambah biaya operasional.

“Bantuan ini akan kita serahkan ke mamsing-masing kecamatan dan mohon untuk disalurkan sebagaimana mestinya,” kata Aunur.

Menurut dia, semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat, disamping dari APBD, ada juga dari pusat untuk paket kebutuhan sembako sebanyak 33 ribu.

“Program yang sudah jalan saat ini diantaranya, pelayanan kesehatan bersumber dari DAK senilai Rp8,3 miliar, pencegahan Covid-19 di RSUD Muhammad Sani senilai Rp1,9 miliar, penanggulangan Covid-19 di Dinas Kesehatan (Dinkes) sebesar Rp2 miliar, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di organisasi perangkat daerah (OPD) teknis dan kecamatan senilai Rp3,5 miliar,” tutur Aunur.

Ia menyampaikan, kita juga sedang menunggu paket sembako dari Pememrintah Provinsi (Pemprov) Kepri sebanyak 40.000 paket dengan nilai anggaran Rp12 miliar, bantuan langsung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk 7.184 kepala keluarga (KK) senilai Rp12,9 miliar.

“Untuk program keluarga harapan PKH sebanyak 4.887 keluarga penerimaan manfaat (KPM), sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT) senilai Rp17,1 miliar, BLT dari dana desa (DD) Rp20 miliar,” papar Aunur.

Dirinya menjelaskan, jika kita lihat program keseluruhan, baik pusat, provinsi dan daerah yang diberikan melalui program satu tahun ataupun stimulan selama masa pandemi, total ada Rp80 miliar.

“Covid-19 di Kabupaten Karimun kita bersyukur, Tim Gugus Tugas dibantu instansi terkait semua dapat kita jaga dengan baik, dan penyebarannya dapat terkendali,” jelas Aunur.

Lanjut Aunur, hingga saat ini, positif Covid-19 ada dua pasien yang sudah sembuh dan masih ditangani ada 3, ODP ada 12 orang, OTG ada sekitar 200-an, di Karantina ada sekitar 30 orang.

“Bantuan ini jangan dikaitkan dengan politik, dan jangan ada unsur politik mengintervensi dalam melakukan hal ini,” tambahnya.

Selanjutnya penyerahan bantuan sembako secara simbolis. Dan pemberian paket sembako jajaran Pemkab Karimun bersama instansi terkait kepada masyarakat merupakan bentuk perhatian dalam penerapan physical distancing untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Kabupaten Karimun. (Arif/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya