Kasus Positif Covid-19 Sulbar Bertambah 1 Dari Mateng dan 1 Pasien Asal Pasangkayu Dinyatakan Sembuh

02 May 2020 23:59
Kasus Positif Covid-19 Sulbar Bertambah 1 Dari Mateng dan 1 Pasien Asal Pasangkayu Dinyatakan Sembuh
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM. (Screenshot video Kominfo Sulbar)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat (Sulbar), Safaruddin Sanusi DM kembali merilis perkembangan Covid-19 Provinsi Sulbar.

“Perkembangan Covid-19 hari ini ada penambahan kasus positif Covid-19 di Sulbar. Karena itu, kita harus selalu disiplin dan konsisten dengan menjaga keluarga dan diri kita dengan cara harus selalu cuci tangan, pakai masker kalau keluar rumah serta tinggal di rumah kalau tidak ada keperluan penting,” kata Safaruddin, Sabtu (2/5/2020).

Ia menyampaikan, data sementara di Sulbar untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) 1.389 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 478 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 73 orang, dimana ada penambahan satu orang positif Covid-19 dan satu orang dinyatakan sembuh.

“Kami telah menerima laporan hasil pemeriksaan laboratorium Covid-19 dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ada penambahan 1 kasus positif covid-19 dan ada 1 kasus sudah dinyatakan sembuh,” papar Safaruddin.

Dirinya menjelaskan, hasil lab positif selanjutnya disebut Kasus 44 dengan inisial JM laki-laki usia 29 tahun, asal dari Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), sementara kasus positif 04 inisial IR usia 43 tahun, asal Kabupaten Pasangkayu dinyatakan sembuh.

“Pasien kasus 44 pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19 dalam 14 hari sebelum sakit, yaitu ke Makassar, pasien tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi, pasien kasus 44 saat ini dirawat di RSUD Mateng. Kasus positif 04 asal Kabupaten Pasangkayu yang dirawat di RSUD Regional Sulbar di Kabupaten Mamuju, setelah didapatkan hasil laboratorium 2 kali berturut-turut negatif, maka pasien kasus 04 dinyatakan telah sembuh,” jelas Safaruddin.

Safaruddin kembali mengingatkan masyarakat bahwa hingga saat ini belum ada obat penangkal virus corona ini.

“Jadi selalu rajin cuci tangan, dan yang paling penting menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dan selalu beraktivitas di rumah saja,” imbuh Safaruddin.

Positif Covid-19 hingga hari ini, Sabtu 2 Mei 2020, sebanyak 44 orang di Sulbar, yakni 1 orang dari Kabupaten Majene sudah dinyatakan sembuh.

4 orang dari Kabupaten Mamuju, dimana 1 orang sudah dinyatakan sembuh, 1 orang masih isolasi mandiri di Makassar dan 2 orang diruang isolasi RSUD Regional Sulbar di Mamuju.

5 orang dari Kabupaten Pasangkayu, 1 orang sudah dinyatakan sembuh, 3 orang di rawat di RSUD Pasangkayu dan 1 orang isolasi mandiri di Pasangkayu dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Pasangkayu.

2 orang dari Kabupaten Polewali Mandar (Polman), 1 di rawat di RSUD Polman dan 1 isolasi mandiri di Polman.

32 orang asal Mateng, 1 orang sudah dinyatakan sembuh, 2 orang dikarantina RSUD Regional Sulbar, 6 orang di rawat di ruang isolasi RSUD Regional Sulbar di Mamuju, 3 orang di RSUD Mateng, 19 orang di rawat di gedung karantina PKM Salugatta dan 1 meninggal. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya