Suara Gemuruh dan Kepulan Asap di Sumur Bor PT Medco Energy Bondowoso, Membuat Warga Sekitar Berhamburan

28 April 2020 02:09
Suara Gemuruh dan Kepulan Asap di Sumur Bor PT Medco Energy Bondowoso, Membuat Warga Sekitar Berhamburan
Kebocoran gas dari sumur bor milik PT Medco Energy, di kawah Wurung Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jatim. (Fahmi/Trans89.com)
.

BONDOWOSO, TRANS89.COM – Suara gemuruh diiringi dengan kepulan asap dan bau gas tak sedap dari sumur bor milik PT Medco Energy, menyebabkan warga masyarakat sekitar keluar rumah dan mengevakuasi diri ke Pos 2 PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Kebun Blawan sekaligus Posko Checkpoint Covid-19 Kalipait, Minggu (26/4/2020).

Sumur bor milik PT Medco Energy itu berada di kawah Wurung Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Jatim).

Sekitar pukul 09.30 WIB, terdengar suara gemuruh diiringi dengan kepulan asap ke atas dan bau tak sedap berasal dari gas yang berasal dari sumur bor milik PT Medco Energy.

Pukul 10.00 Wib, Muspika Kecamatan Ijen melakukan koordinasi dengan pihak PT Medco Energy terkait kejadian tersebut.

Dari hasil koordiansi itu, pihak PT Medco Energy menyatakan bahwa kadar gas H2S Zero (nol) dan aman untuk warga masyarakat dan tidak beracun. Asap yang ditimbulkan akibat disuntik air secara terus menerus dan suara gemuruh yang terdengar dikarenakan proses pengeboran yang mengunakan alat berukuran besar.

Selanjutnya Muspika Kecaamatan Ijen dan pemerintaha desa (Pemdes) Kalianyar, berikan pemahaman bahwa gas tersebut tidak beracun dan masyarakat bisa kembali kerumah masing-masing. Dan pukul 13.15 WIB, warga selanjutnya berangsur-angsur kembali ke rumahnya.

General Manager PT Medco Energy Bondowoso, Wisnu Subroto, mengatakan kalau asap yang keluar itu bukan kebocoran gas, akan tetapi lebih tepatnya adalah semburan uap.

“Mengenai warga yang resah, mungkin karena ini pertama kali terjadi di daerah Sempol, sehingga masyarakat agak kaget,” kata Wisnu.

Menurut dia, untuk saat ini pihaknya hanya pemberitahuan saja kepada masyarakat, bahwa kegiatan pengeboran panas bumi tujuannya adalah mencari uap panas bumi bukan gas.

“Jadi tidak perlu panik yang berlebihan, mungkin barangkali kita belum pernah sosialisasi secara detail mengenai semburan uap. Barangkali itu yang perlu kita tingkatkan, tapi rasanya sudah pernah, hanya mungkin karena belum kejadian masyarakat jadinya panik,” tutur Wisnu.

Atas kejadian suara gemuruh diiringi dengan kepulan asap dan bau tak sedap (gas) yang berasal dari sumur bor milik PT Medco Energy, merupakan proses yang ditimbulkan akibat disuntik air secara terus menerus dan suara gemuruh yang terdengar dikarenakan proses pengeboran yang mengunakan alat berukuran besar, sementara kadar gas H2S zero atau nol, sehingga aman untuk masyarakat karean tidak beracun. (Fahmi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya