Sekda Pasangkayu Apresiasi Dinas P2KBP3A Terapkan 8 Fungsi Keluarga Di tengah Pandemi Covid-19

30 April 2020 00:53
Sekda Pasangkayu Apresiasi Dinas P2KBP3A Terapkan 8 Fungsi Keluarga Di tengah Pandemi Covid-19
Sekda Pasangkayu, Firman terjun langsung ke lapangan melakukan edukasi menanam sayur-sayuran bersama Kadis Pasangkayu PPKBP3A, Arhamuddin dengan sejumlah penyuluh KB di Dusun Salunggaluku Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Egi Sugianto/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Setelah selesai melakukan edukasi pemanfaatan halaman rumah di wilayah Desa Tikke, para Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Pasangkayu mendatangi warga di Dusun Salunggaluku Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Di hari kedua ini, turut dihadiri Sekda Pasangkayu Firman, sekaligus terjun langsung ke lapangan melakukan edukasi menanam sayur-sayuran di rumah-rumah warga bersama Kepala Dinas (Kadis) Pasangkayu PPKBP3A, Arhamuddin dengan sejumlah penyuluh KB, Selasa (21/4/2020).

Kehadiran Sekda ini sekaligus menjadi motivasi tersendiri bagi penyuluh KB di tengah pandemi Covid-19. Sekda bersama penyuluh ikut mengajak sekaligus mengajari ibu-ibu rumah tangga menanam sayur.

Kadis P2KBP3A Pasangkayu, Arhamuddin kembali menjelaskan bahwa kegiatan menanam sayur di halaman rumah warga adalah bagian dari penerapan fungsi pembinaan lingkungan.

“Seperti yang kita laksanakan di Dusun Petilo di Desa Tikke, kalau di Salunggaluku ini kita kembali arahkan para penyuluhnya untuk memotivasi masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran,” jelas Arham.

Menurut dia, aksi menanam sayur ini, adalah upaya agar masyarakat bisa betah dirumah sekaligus bisa menyediakan bahan pangan secara mandiri, apa lagi adanya wabah Covid-19.

“Kita motivasi masyarakat, juga ada diberikan bibit sayur yang dibutuhkan,” tutur Arham.

Selanjutnya, agenda tim Dinas PPKBP3A Pasangkayu akan berkunjung ke Desa Pangiang, yang rencananya dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulbar, besok Rabu 22 April 2020.

Sementara Sekda Kabupaten Pasangkayu, Firman mengapresiasi upaya penerapan 8 fungsi keluarga oleh Dinas P2KBP3A Pasangkayu di masyarakat di  Covid-tengah pandemi Covid 19.

“Penguatan keluarga dalam bentuk pemanfaatan pekarangan rumah tentunya sangat bermanfaat di tengah kebijakan social distancing (pembatasan sosila) atau physical distancing (jaga jarak fisik),” ujar Firman.

Menurut dia, dengan motivasi bertani di halaman rumah, tentunya masyarakat telah membantu pemerintah mengantisipasi dampak ekonomi selama wabah covid-19 berlangsung.

“Menanam dengan berbagai jenis tanaman di halaman rumah, juga sejalan dengan isntruksi bapak bupati Pasangkayu untuk memanfaatkan pekarangan rumah di masa pandemi Covid-19 ini,” tutur Firman.

Olehnya itu, Firman berharap kepada kepala desa (Kades) dan camat untuk membantu dan mendukung penuh program yang dilakukan para penyuluh KB di Dinas P2KBP3A Pasangkayu.

“Kalau tanaman berhasil dan Covid-19 ini berlangsung lama, tentunya kita tetap siap dalam urusan pemenuhan gizi keluarga,” tambahnya. (Egi/Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya