ASN Kebanyakan Menetap di Palu, Warga Minta Pemkab Donggala Carikan Solusi Antisipasi Wabah Covid-19

13 April 2020 19:59
ASN Kebanyakan Menetap di Palu, Warga Minta Pemkab Donggala Carikan Solusi Antisipasi Wabah Covid-19
Warga kota Kabupaten Donggala, Anil Syamsuddin. (Enis/Trans89.com)
.

DONGGALA, TRANS89.COM – Mewabahnya corona virus disease (Covid-19) yang saat ini melanda dunia termasuk di Indonesia, membuat pemerintah pusat hingga daerah mengambil berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut.

Di Indonesia sendiri, pemerintah pusat telah menginstruksikan tiap provinsi dan kabupaten/kota untuk membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala telah membuat Pos Terpadu Covid-19 di perbatasan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar) untuk lakukan pengecekan suhu tubuh bagi pengendara dan penumpang yang melintas memasuki wilayah Kabupaten Donggala.

Akan tetapi aparatur sipil negara (ASN) yang kesehariannya bekerja dilingkup Pemkab Donggala kebanyakan menetapnya di Kota Palu yang bekerja dari Senin hingga Jumat di perkantoran Pemkab Donggala.

Tentu hal itu membuat khawatir warga yang menetap di kota Kabupaten Donggala.

Betapa tidak, Kota Palu merupakan daerah tempat perawatan pasien positif Covid-19, bahkan hari ini, Senin 13 April 2020, satu pasien covid-19 yang di rawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Kota Palu meninggla dunia.

“ASN yang bekerja di perkantoran di kota Kabupaten Donggala hampir semua bertempat tinggal di Kota Palu. Ini yang membuat masyarakat di kota Kabupaten Donggala menjadi resah,” ungkap warga kota Kabupaten Donggala, Anil Syamsuddin yang dihubungi melalui whatsapp, Senin (13/4/2020).

Ia menyebutkan, karena Covid-19 di Kota Palu semakin meningkat bahkan sudah ada yang meninggal.

“Kami meminta Pemkab Donggala dan Kota Palu bekerjasama untuk mencarikan solusi, agar wabah covid-19 ini tidak tertular ke masyarakat yang tinggal di kota Kabupaten Donggala, mengingat ASN Kabupaten Donggala beraktivitas di perkantoran Pemkab Donggala dari Senin sampai Jumat,” sebut Anil.

Pantauan di lapangan hari ini, saat jam istirahat, para ASN yang bekerja di perkantoran lingkup Pemkab Donggala keluar kantor untuk beristirahat sambil mencari warung untuk makan.

Nampak terlihat ASN Pemkab Donggala dalam satu mobil lebih dari lima orang tanpa melakukan jaga jarak fisik atau physical distancing sesuai anjuran dari pemerintah itu sendiri. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya