Tim Gabungan Satgas Covid-19 Flores Timur Usir Kapal Asing di Pelabuhan Larantuka

07 April 2020 17:06
Tim Gabungan Satgas Covid-19 Flores Timur Usir Kapal Asing di Pelabuhan Larantuka
Tim Patroli Gabungan Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 lakukan pengusiran Kapal Yacht Nomad yang di duga dari Negara Australia di depan pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flotim, NTT. (Arman Legawa/Trans89.com)
.

FLORES TIMUR, TRANS89.COM – Tim Patroli Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Penyebaran corona virus disease (Covid-19) Flores Timur lakukan pengusiran Kapal Yacht Nomad yang di duga dari Negara Australia berlangsung di depan pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (6/4/2020).

Pantauan di lapangan, Komandan Pos Pengamat (Danposmat) TNI Angkata Laut (AL) lakukan kordinasi dengan Tim Satgas Pencegahan Virus Covid-19 di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flotim untuk pembentukan tim patroli gabungan di laut.

Usia koordinasi, Kepala BPBD Flotim, AL Betan memantau kapal Yacht Nomad dari jarak 350 meter di depan selat Larantuka dan melaksanakan pengambilan dokumentasi.

Salah seorang warga juga menyampaikan bahwa Pukul 08.30 WITA telah melihat kapal Yacht Nomad melintasi masuk ke arah Pelabuhan Larantuka.

Danposmat berangkat ke Pelabuhan Larantuka untuk melihat kapal Yacht Nomad dan benar di depan Pelabuhan Larantuka telah berlabuh apal Yacht Nomad yang di duga dari Negara Autariala.

Sementara di pinggir pantai nampak personil Polres dan petugas KKP Flotim juga laksanakan pemantauan.

Kemudian hal itu dilaporkan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Flotim yang juga Sekda Kabupaten Flotim, Paulus Igo Geroda dan memerintahkan untuk segera mengusir kapal asing tersebut dari wilayah Kabupaten Flotim dan jika menolak segera mengambil tindakan tegas.

Selanjutnya Danposmat berserta anggota Unit Intel Kodim melaksanakan pengusiran kapal Yacht Nomad yang sedang berlabuh di depan Pelabuhan Laut Larantuka.

Sementara salah seorang warga yakni Ridwan tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD) sedang membantu kapal Yatch Nomad untuk melaksanakan pengisian bahan bakar dan persediaan air bersih.

Tidak lama kemudian kapal Yacht Nomad berhasil di usir dan meninggalkan pelabuhan Larantuka dan di kawal dengan menggunakan Patkamla sampai dengan Pulau Solor dan kemungkinan kapal Yatch Nomad akan berlayar ke arah Lembata atau Kupang. (Arman/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya