Pasien Berstatus PDP di Pasangkayu Dirujuk ke RSUD Regional Sulbar, Muzakkir: Tamu Pasien Dari Daerah Transmisi

06 April 2020 16:27
Pasien Berstatus PDP di Pasangkayu Dirujuk ke RSUD Regional Sulbar, Muzakkir: Tamu Pasien Dari Daerah Transmisi
Tim Gugus Tugas Covid-19 Pasangkayu dari Dinkes, Muzakkir bersama staf Dinkes Pasangkayu lainnya saat lakukan pendataan dan pengecekan suhu tubuh ke keluarga pasien di Desa Ako, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Humas Pemkab Pasangkayu)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19) Pasangkayu mengungkapkan salah seorang warga Desa Ako, Kabupaten Pasangkayu, berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Pasien berstatus PDP berinisial AMI (43) telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Sulbar di Kabupaten Mamuju merupakan RS rujukan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (5/4/2020).

 

Tim Gugus Tugs Covid-19 Kabupaten Pasangkayu dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Muzakkir mengatakan seorang warga Desa Ako telah ditetapkan berstatus sebagai PDP.

“Tadi malam (Sabtu malam) tanggal 4 April 2020, sekitar pukul 21.00 WITA, yang bersangkutan telah dirujuk ke RSUD Regional Sulbar di Kabupaten Mamuju. Pasien tersebut di rujuk ke Mamuju untuk diambil tes swab (sampel lendir di saluran pernapasan), karena yang bersangkutan mengalami pnemonia berat, demam, lemas dan memiliki riwayat jantung,” kata Muzakkir.

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan penelusuran kepada keluarga pasien, dimana dalam penelusuran tersebut diketahui bahwa pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota, namun pada tanggal 14 Maret 2020, terdapat 5 orang rekan pasien dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan perjalanan ke Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk menghadiri acara pernikahan.

“Dalam perjalanan pulang dari Kota Palu, ke 5 orang rekan pasien tersebut singgah dan menginap di rumah pasien di Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu. Dan setelah makan pagi bersama, rekan pasien tersebut meneruskan perjalanan ke Kota Makassar,” jelas Muzakkir.

Lanjut Muzakkir, para tamu pasien tersebut merupakan orang yang berasal dari daerah transmisi, yang sekarang ini Kota Makassar sudah ditetapkan sebagai zona merah.

“Selain itu, Kota Palu juga termasuk zona merah, karena sudah ada beberapa orang yang positif Covid-19 dan 2 orang meninggal dunia,” tambahnya. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya