Tangkal Covid-19, Tim Gugus Tugas Pasangkayu Patroli Berikan Himbauan ke Warga yang Berkumpul di Tempat Umum

29 April 2020 22:16
Tangkal Covid-19, Tim Gugus Tugas Pasangkayu Patroli Berikan Himbauan ke Warga yang Berkumpul di Tempat Umum
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pasangkayu gelar patroli malam dalam rangka menangkal penyebaran wabah virus corona di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19) Pasangkayu gelar patroli malam dalam rangka menangkal penyebaran wabah virus corona di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (4/4/2020) malam.

Patroli dipimpin langsung Kabag Ops Polres Mamuju Utara (Matra), AKP Iswan Mulyanto bersama juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 yang juga Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Kominfopers) Pasangkayu, Suri Fitriah.

Sementara personil sekitar 25 orang gabungan TNI, Polri, Satpol PP untuk lakukan patroli dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasangkayu.

Kabag Ops Polres Matra, AKP Iswan Mulyanto mengatakan, Polri, TNI, Pemda Pasangkayu bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas yang dibentuk oleh Bupati Pasangkayu melakukan pemantauan, patroli dan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Malam ini kita akan memasuki beberapa warung dan memberikan himbauan kepada pemilik warung agar ada jarak antar konsumen yakni sekitar 1,5 meter dari meja,” kata Iswan.

Menurut dia, bidang usaha seperti warung-warung dan cafe harus juga tetap jalan sesuai dengan amanat dari Presiden RI, bahwa usaha mikro kecil harus tetap berjalan.

“Kami akan menghimbau kepada masyarakat khususnya pengusaha agar tetap membuka warung sesuai dengan amanat presiden yang penting diatur jaraknya pengunjung,” tutur Iswan.

Lanjut Iswan, kegiatan seperti ini paling tidak dilakukan 5 kali selama 1 bulan.

“Yang mana pada pelaksanaannya dilakukan pada saat berkumpulnya massa seperti malam Minggu ataupun kegiatan-kegiatan yang sifatnya insidentil,” tambahnya.

Patroli Tim Gugus Tugas Covid-19 Pasangkayu mulai di sekitar Jalan Soekarno, kemudian masuk ke jalur dua menuju Anjungan Pasangkayu Beach, dilanjutkan ke Anjungan Vovasanggayu Beach, Bundaran Smart Pasangkay, Alun-alun Pasangkayu, dan finis di Kantor Bupati Pasangkayu.

Patroli Tim Gugus Tugas sempat mendapati adanya kerumunan pemuda di Anjungan Vovasanggayu Beach dan Alun-Alun Pasangkayu, dan setelah diberikan himbauan, mereka akhirnya bersedia pulang ke rumah masing-masing.

Sampai dengan saat ini belum ditemukan adanya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pasangkayu, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) juga masih nihil. Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 169 orang, 46 diantaranya sudah selesai masa pemantauannya.

Untuk mencegah masuknya Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Pemda Pasangkayu bersama instansi terkait juga telah membuat dua posko kesehatan di perbatasan Kabupaten Pasangkayu dengan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) serta perbatasan Kabupaten Pasangkayu dengan Kabupaten Donggala, Sulawesi tengah (Sulteng). (Adv)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya