Pemakaman Jenazah Status PDP di Mateng Sesuai SOP Covid-19

20 April 2020 21:30
Pemakaman Jenazah Status PDP di Mateng Sesuai SOP Covid-19
Proses pemakaman jenazah status PDP sesuai SOP Covid-19 disamping rumahnya di Desa Pontanakayyang, Kecamatan Budong-Budong, Mateng, Sulbar. (Damone/Trans89.com)
.

MAMUJU TENGAH, TRANS89.COM – Seorang warga asal Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), meninggal dunia berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Meski hasil labnya belum terkonfirmasi, pemakaman tetap dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pasien positif Covid-19.

Inisial pasien status PDP yang meninggal dunia, NH (54) merupakan warga dari Desa Pontanakayyang, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mateng.

Dihubungi melalui handphonenya, Direktur Rumah Sakit Regional (RSUD) Regional Sulbar, dr Indahwati Nursyamsi membenarkan pasien berstatus PDP asal Mateng meninggal.

“Almarhum dimakamkan sesuai SOP Covid-19 dan statusnya PDP. Itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Indah, Sabtu (4/4/2020).

Menurut dia, untuk kepastian penyebab korban meninggal dunia masih menunggu tes swab.

“Tes swab ini merupakan pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernapasan yang akan diuji di laboratorium dan diperkirakan sekitar 7 hari sejak korban meninggal dunia,” tutur Indah.

Almarhum merupakan pasien PDP rujukan dari RSUD Mateng ke RSUD Mamuju kemudian ke RSUD Regional Sulbar, kemarin sore, Jumat (3/4/2020).

Pasien tiba di RSUD Regional Sulbar sekitar pukul 17.00 WITA, dan dinyatakan meninggal oleh pihak RSUD Regional Sulbar sekitar pukul 17.30 WITA.

Sekitar pukul 22.50 WITA, jenazah di berangkatkan dari RSUD Regional Sulbar, Kabupaten Mamuju menuju Mateng dengan prosedur Covid-19.

Jenazah tiba di Desa Pontanakayyang, Kecamatan Budong-Budong, Mateng, untuk dilakukan proses pemakaman sesuai SOP Covid-19 sekitar pukul 00.26 WITA, Sabtu 4 April 2020.

Almarhum di makamkan di samping rumahnya di Desa Pontanakayyang dan pihak keluarga tidak ada yang keberatan dengan proses pemakaman tersebut. Sementara keluarga almarhum NH akan dilakukan isolasi selama 14 hari. (Damone/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya