Puskesmas Bambalamotu Tindaklanjuti Penananganan Pencegahan Covid-19 Dari Tim Gugus Tugas Pasangkayu di Tingkat Desa

01 April 2020 16:10
Puskesmas Bambalamotu Tindaklanjuti Penananganan Pencegahan Covid-19 Dari Tim Gugus Tugas Pasangkayu di Tingkat Desa
Salah satu petugas kesehatan UPTD Bambalamotu Ahmad Yudi mendatangi rumah warga untuk memberikan pemahaman tentang cara pencegahan Covid-19 serta bahayanya di Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Andis/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Meski belum ada warga di Kabupaten Pasangkayu khususnya di Kecamatan Bambalamotu terjangkit virus corona disease (Covid-19) yang saat ini menjadi perhatian dunia, namun pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasangkayu melalui Puskesmas Bambalamotu terus melakukan berbagai upaya tindakan maupun sosialisasi dalam melawan percepatan pananggulangan penyebaran virus corona.

Salah satunya melakukan sosialisasi berkeliling ke seluruh wilayah desa dengan mengunakan kendaraan ambulance lengkap pengeras suara disertai pembagian brosur tentang Covid-19 di wilayah Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (1/4/2020).

Kepala UPTD Kesehatan Bambalamotu, Hasna mengatakan, bahwa pada intinya sosialisasi ini merupakan penyampaian apa itu virus corona dan bagaimana bahayanya.

“Selain sosialisasi dengan mendatangi lansung masyarakat ke rumahnya, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum seperti di rumah ibadah dan kios-kios pedagang,” kata Hasna.

Menurut dia, ini kami lakukan atas tindaklanjut intruksi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Bupati Pasanglayu sebagai bagian dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pasangkayu, untuk bagaimana perangkat serta tim medis hingga ke desa dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai Covid-19 ini.

“Kami berharap, sosialisasi ini tidak putus di tingkat desa saja, akan tetapi bagaimana pemerintah setempat hingga ke dusun dan lansung ke masyarakat per setia kepala keluarga (KK). Kepada para Kepala Dusun (Kadus) untuk proaktif melakukan pendataan orang yang datang dari luar atau masyarakat yang dari perantauan di wilayah masing-masing,” harap Hasna.

Ditemui salah satu warga Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Yudi mengungkapkan, sosialisasi seperti ini sangatlah perlu bagi masyarakat di pelosok desa, sehingga masyarakat bisa cepat mengerti dan paham apa itu virus corona dan bagaimana dampaknya jika tidak dihindari sejak dini.

“Alhamdulillah, dengan adanya upaya seperti ini dari Pemkab Pasangkayu melalui tenaga kesehatan tingkat kecamatan, sebahagian masyarakat bisa mengerti tentang virus corona yang saat ini mewabah di Indonesia dan sudah masuk ke Sulbar. Tinggal bagaimana masyarakat bisa saling berbagi informasi dengan masyarakat lainnya atau ke keluarga masing-masing dirumah,” demikian Yudi. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya