Tangkal Covid-19, PT Mamuang Lakukan Pengecekan Suhu Tubuh dan Memberlakukan Buka Tutup

31 March 2020 03:00
Tangkal Covid-19, PT Mamuang Lakukan Pengecekan Suhu Tubuh dan Memberlakukan Buka Tutup
Manajemen PT Mamuang di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, terus meningkatkan pencegahan wabah Covid-19 dengan membuat posko pengecekan suhu tubuh dan wajib mencuci tangan di tempat pos penjagaan satpam pintu masuk perbatasan ke wialayah perkebunan PT Mamuang. (Chindy Faustacollen Hasan/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Manajemen PT Mamuang merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Grup Tbk Area Celebes 1 (C1) di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), terus meningkatkan pencegahan wabah corona virus disease (Covid-19).

Pencegahan dan antisipasi kali ini lebih ditingkatkan dengan membuat posko pengecekan suhu tubuh dan wajib mencuci tangan di tempat pos penjagaan satpam pintu masuk perbatasan ke wilayah perkebunan PT Mamuang, Senin (30/3/2020).

Administratur (ADM) PT Mamuang, Jumali mengatakan, ini keseriusan kami melakukan pencegahan penyebaran virus corona di area perusahaan, sehingga manajemen beserta karyawan PT Mamuang membentuk posko pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan di setiap bagian departemen dan paguyuban yang ada di wilayah perusahaan.

“Sebelumnya, ini terlebih dahulu di sosialisasikan di implasement di sejumlah 16 bagian, yaitu departemen perumahan, kapro, teknik, administrasi dan 13 afdeling dalam lingkup perusahaan PT Mamuang,” kata Jumali.

Menurut dia, posko pengecekan suhu tubuh dan wajib mencuci tangan ini dikoordinir Safety Healty and Environment (SHE) PT Mamuang Ikrar, para Asisten Kepala (Askep) dan tim kesehatan poliklinik kebun (Polibun) dan securit, termasuk saat dilakukan sosialisasi dengan cara mendatangi tiap-tiap rumah karyawan juga sosialisasi dilakukan dikegiatan apel pagi karyawan.

“Sosialisasi yang sudah dilakukan di rumah-rumah karyawan bertujuan untuk mendata karyawan dan keluarganya atau tamu yang masuk ke area perusahaan. Serta dihimbau apabila ada karyawan, keluarga karyawan atau tamu dari luar, maka diwajibkan untuk diperiksakan pihak Polibun perusahaan,” tutur Jumali.

Dokter Polibun, Fatimahtuzzarah menjelaskan, kami sudah melakukan sebelumnya pencatatan filing khusus pencegahan kasus Covid-19 dengan pemeriksaan suhu badan serta pemeriksaan atas keluhan kesehatan berupa demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan atau nyeri menelan serta apakah ada sesak napas.

“Hal itu sudah dilakukan pemantauan selama seminggu yang lalu berturut-turut di Polibun. Ini dalam rangka memastikan bahwa karyawan atau keluarganya dalam status sehat atau tidak,” jelas Fatima.

Dirinya menyampaikan, kegiatan sudah dilakukan sosialisasi di tempat apel pagi oleh manjemen PT Mamuang termasuk memberikan edukasi kepada karyawan berupa imbauan untuk cuci tangan 6 langkah WHO setelah beraktivitas dan saat akan makan, pemakaian masker bagi orang yang sedang sakit, etika bersin atau batuk di tempat umum.

“Selain itu, kami juga menempelkan poster-poster di setiap area berkumpul di seluruh bagian, penyemprotan disinfektan juga dilakukan, mulai kantor, mesjid, gereja, tempat ibadah, tempat parkir, bus sekolah, pos security, ATM dan Polibun,” papar Fatima.

Sementara Community Development Officer (CDO) PT Mamuang, Sanjaya Gabriel Saragih beserta anggota tim kesehatan di posko pengecekan suhu tubuh Covid-19, mengimbau ke karyawan untuk tidak khawatir dengan penyebaran virus corona selama mereka menjaga kebersihan tangan, badan dan lingkungan.

“Konsumsi makanan sehat bergizi, seperti buah-buahan, sayuran hijau dan vitamin. Selalu berolahraga teratur, istirahat yang cukup serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya cobaan dan ujian ini cepat berlalu,” imbaunya.

Lanjut Sanjaya, saat ini manejemen PT Mamuang menegaskan, di pos penjagaan Satpam di perbatasan pintu gerbang masuk perusahaan dengan memberlakukan buka tutup portal guna memeriksa satu persatu pengendara yang mau melintas memasuki areal perusahaan.

“Sosialisasi ini juga menghimbau kepada karyawan maupun warga masyarakat yang berkunjung ke keluarganya, bahwa saat ini perusahaan PT Mamuang memberlakukan jam penutupan portal pintu masuk mulai pukul 22.00 WITA hingga pukul 05.00 WITA. Seluruh kendaraan yang akan masuki dilarang memasuki areal perusahaan di saat jam penutupan portal tersebut,” tambahnya. (Chindy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya