Usai Teleconference Dengan Presiden, Gubernur NTT Sampaikan Siapkan Dana Penanganan Covid-19 Rp60 Miliar

26 March 2020 01:44
Usai Teleconference Dengan Presiden, Gubernur NTT Sampaikan Siapkan Dana Penanganan Covid-19 Rp60 Miliar
Gubernur dan Wagub NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yosef Adreanus Nae Soi gelar konferensi pers usai ikuti Ratas melalui teleconference dipimpin Presiden RI, Joko Widodo, berlangsung depan pelataran lantai II gedung Sasando kantor gubernur NTT, Jalan El Tari I, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. (Arman Legawa/Trans89.com)
.

KUPANG, TRANS89.COM – Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yosef Adreanus Nae Soi gelar konferensi pers usai ikuti rapat terbatas (Ratas) melalui teleconference dipimpin Presiden RI, Joko Widodo dengan para gubernur dan pejabat daerah se-Indonesia dalam rangka penanganan penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Ratas tersebut yang dibahas mulai dari skema ringan, sedang, sampai berat, berlangsung depan pelataran lantai II gedung Sasando kantor gubernur NTT, Jalan El Tari I, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Selasa (24/3/2020).

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Wagub, Yosef Adreanus Nae Soi mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo kepada semua gubernur dan para menteri hari ini menekankan beberapa hal.

“Masing-masing daerah menyiapkan skema-skema penanganan penyebaran Covid-19 mulai dari skema ringan, sedang, sampai berat,” kata Viktor.

Menurut dia, untuk keseluruhan implementasinya dilapangan, kementerian, lembaga, gubernur, bupati dan walikota, menyesuaikannya dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2020 yang mengatur tentang relokasi anggaran, manajemen dan koordinasi, serta keseluruhan tata kelola penanganan Covid-19.

“Melakukan revisi anggaran untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan sosial melalui bantuan-bantuan sosial yang diperlukan,” tutur Viktor.

Ia menjelaskan, untuk memperkuat kerjasama di antara seluruh elemen masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, TNI/Polri, semua elemen pemerintahan dalam menghadapi Covid 19 di Indonesia.

“Melakukan kampanye, sosialisasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menghindari kerumunan, meniadakan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” jelas Viktor.

Dirinya menyampaikan, Pememrintah Provinsi (Pemprov) NTT saat ini bekerja keras untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Kita menyiapkan anggaran kurang lebih Rp60 miliar untuk mengantipasi penyebaran virus ini. Berbagai sarana prasarana, fasilitas kesehatan, obat-obatan kita siapkan,” papar Viktor.

Viktor menyebutkan, walaupun sampai saat ini sejumlah 130 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), data sampai pukul 21.00 tadi malam di Provinsi NTT, dan belum ada yang positif tertular virus corona, kita tetap siaga penuh untuk mengantisipasi hal-hal yang kita tidak inginkan.

“Para dokter dan tenaga medis kita support penuh. Bahkan untuk spesialis paru yang jumlahnya sedikit kita siagakan pesawat khusus untuk memobilisasi mereka dari satu tempat ke tempat lain,” sebutnya.

Lanjut Viktor mengungkapkan, kita tetap siaga dan siap, namun jangan panik dan menghimbau seluruh masyarakat NTT untuk mengikuti semua arahan, pedoman atau petunjuk, protap-protap yang telah diatur oleh pemerintah.

“Kita akan memperkuat semua rumah sakit (RS) rujukan yang telah ditetapkan. Segala skenario kita siapkan. Jika RSU Yohanes Kupang misalnya penuh pasien, maka kita siapkan RS Pendidikan milik Universitas Nusa Cendana (Undana), Bahkan hotel milik Pemprov NTT yakni Hotel Sasando kita siapkan juga,” ungkapnya.

Lanjut Viktor, dmikian juga di Maumere dan Labuan Bajo, jika kedua RS tersebut penuh, kita menyiapkan alternatif lain.

“Pokoknya semua kita sesuai dengan perannya masing-masing, berusaha mengatasi semua persoalan yang dihadapi. Tadi dalam teleconference dengan Presiden Jokowi, saya sudah jelaskan semua apa yang kita lakukan,” tambahnya. (Arman/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya