Sosialisasi CTPS di Pasar Smart Pasangkayu Untuk Pencegahan Covid-19

26 March 2020 02:06
Sosialisasi CTPS di Pasar Smart Pasangkayu Untuk Pencegahan Covid-19
Sosialisasi dan kampanye CTPS untuk pencegahan Covid-19 berlangsung di pasar Smart Kota Pasangkayu, Sulbar. (Samlan Mallo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Sosialisasi dan kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk pencegahan corona virus disease (Covid-19) berlangsung di pasar Smart Kota Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (25/3/2020).

Adapun himbauan dari Dinas Kesehatan Pasangkayu dalam kampanye CTPS langkah pencegahan Covid-19 dengan sering CTPS, rajin olahraga, istirahat yang cukup, gunakan masker bila batuk atau pilek, jangan mengkomsumsi daging yang tidak dimasak, konsumsi gizi seimbang dan memperbanyak makan buah-buahan.

Kemudian dilakukan simulasi cara pencegahan Covid-19 dengan cuci tangan oleh Tim Dinkes Pasangkayu, gosok kedua punggung dan membasahi kedua tangan dengan menggunakan sabun pada telapak tangan kemudian usap. Gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar tangan secara bergantian. Gosok sela-sela jari tangan hingga sampai bersih. Gosok dan putar kedua ibu jari. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci secara bergantian. Letakkan detik ujung jari ke
telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Dalam arahan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pasangkayu, Makmur mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Bila ditemukan warga yang dicurigai mengidap virus corona, segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat,” kata Makmur.

Ia juga mengharapkan kepada seluruh warga agar mematuhi himbauan yang disampaikan oleh Tim Kesehatan.

“Mengharapkan kepada warga harus lebih banyak berdiam diri di rumah, karena hal ini akan memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” imbau Makmur.

Sementara arahan Ketua DPRD Pasangkayu, Alwiaty menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di kompleks pasar, agar tetap menjaga kebersihan diri dan keluarganya, serta selalu berperilaku hidup sehat, agar terhindar dari penyakit yang mewabah dunia sekarang ini yaitu Covid-19.

“Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, bahwa anggota DPRD Pasangkayu tidak mau membantu membagikan masker. Informasi itu adalah tidak benar,” ujar Alwiaty.

Lanjut Alwiaty, kami sangat besar hati ingin membantu masyarakat dalam membagi-bagikan masker, namun ketersediaan masker hingga saat ini sangat minim, bahkan susah di dapatkan di Kabupaten Pasangkayu.

“Berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dalam mengahadapi Covid 19 ini dan selalu menjaga kebersihan sesuai anjuran pemerintah,” tambahnya.

Sambil bertransaksi antara penjual dan pembeli, warga pengunjung pasar sangat antusias mendengarkan himbauan maupun petunjuk cara mencuci tangan yang baik dan benar dari Tim Kesehatan. Kegiatan yang sama seyogyanya dilakukan setiap hari, karena pasar adalah tempat pertemuan orang banyak. (Syamlan/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya