PT Pasangkayu Sosialisasi Pencegahan Pandemi Covid-19 ke Masyarakat Ring 1 Perusahaan

24 March 2020 23:53
PT Pasangkayu Sosialisasi Pencegahan Pandemi Covid-19 ke Masyarakat Ring 1 Perusahaan
PT Pasangkayu merupakan anak usaha perkebunan kelapa sawit PT AAL Tbk Group Area C1 yang terletak di Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, sosialisasi pencegahan Pandemi Covid-19. (Ansar/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – PT Pasangkayu merupakan anak usaha perkebunan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Group Area Celebes 1 (C1) yang terletak di Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Melalui manajemen Site yaitu Safety Healty and Environment (SHE) Iqbal dan dokter Poliklinik Kebun (Polibun) dr Sufri Halwi lakukan sosialisasi cara pencegahan corona virus disease (Covid-19) kepada masyarakat yang berada di wilayah ring 1 perusahaan PT Pasangkayu, Selasa (24/3/2020).

Dalam keseriusan PT Pasangkayu melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kerja perusahaan dan sekitarnya, melalui Tim Tanggap Peduli Penanggulangan Covid-19 PT Pasangkayu melakukan sosialisasi dimasyarakat yang berbatasan langsung dengan perumahan Afdeling Hotel di Dusun Moi Hijrah dan perumahan Afdeling Golf di Dusun Torilala Desa Pakawa, Kabupaten Pasangkayu.

Sosialisasi yang dilakukan dihadiri Kepala Dusun (Kadus) Torilala Kristia dan Kadus Moi Hijrah Nandir, Bhabinkamtibmas Desa Pakawa Bripka Darwis Kamal, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda setempat.

Dalam sosialisasi itu, materi yang diberikan oleh dokter Polibun PT Pasangkayu, Sufri Halwi adalah mengenai apa itu virus corona, bagaimana penyebaran dan penularannya, bagaimana memutus mata rantai penyebaran di masyarakat, serta langkah-langkah pencegahan berupa etika batuk, bersin, rutin mencuci tangan, memasak makanan sampai matang, berjemur di pagi hari hingga jam 10 pagi.

“Hal itu dilakukan untuk menangkal dan mematikan berbagai kuman penyakit dan virus dipermukaan kulit. Kami juga berikan edukasi makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh berupa buah-buahan yg mengandung vitamin C dan E, mengandung flavonoid dan sayur mayur berwarna hijau baik dikonsumsi termasuk rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak dan lain sebagainya,” ujar Sufri.

Ia juga memberikan penjelasan mengenai pencegahan demam berdarah dengue (DBD) yang biasanya muncul kembali diperubahan cuaca hujan menjadi cuaca panas.

“Kami juga berikan pemahaman bahay DBD dan cara menanggulanginya hidup sehat dengan lingkungan yang bersih,” kata Sufri.

Sementara Tim Tanggap Peduli Penanggulangan Covid-19 yang dikoordinir SHE PT Pasangkayu, Iqbal menegaskan pentingnya mencari tahu serta mendata ke rumah-rumah yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada keluarga atau tamu yang masuk dari zona merah.

“Kami himbaukan apabila ada karyawan, keluarga karyawan atau tamu dari luar, maka diwajibkan untuk diperiksakan ke pelayanan kesehatan terdekat,” tegas Iqbal.

Dirinya menyampaikan, bahwa di perusahaan melakukan buka tutup portal di perbatasan Afdeling Kilo dengan memeriksa satu persatu tamu yang masuk ke areal perusahaan.

“Kami juga mengedukasi warga bagaimana membuat cairan desinfektan untuk penyemprotan di rumah-rumah serta bagaimana cara mencuci tangan sesuai 6 langkah WHO,” papar Iqbal.

Sementara itu Bhabinkantibmas Desa Pakawa, Bripka Darwis menjelaskan, isi edaran dari pimpinan Polri dan pimpinan daerah mengenai pembatasan dan menahan diri dari aktivitas diluar rumah maupun keluar kampung.

“Himbauan itu dalam rangka mencegah tertular ataupun menularkan Covid-19 kepada orang lain,” jelas Darwis.

Tim Tanggap Peduli Penanggulangan Covid-19 PT Pasangkayu juga mengimbau kepada warga dusun untuk tidak terlalu khawatir dengan penyebaran virus corona selama mereka menjaga kebersihan tangan, badan dan lingkungan, serta mengkonsumsi makanan sehat bergizi, seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan vitamin, serta selalu berolahraga teratur, istirahat yang cukup serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya cobaan dan ujian ini cepat berlalu.

Selaku Kadus Torilala, Kristian ucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya atas kepedulian PT Pasangkayu terhadap warga yang ada disekitar perusahaan.

“Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada dokter Polibun PT Pasangkayu yang mau turun langsung ke masyarakat memberikan sosialisasi terkait Covid-19 ini. (Ansar/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya