Wabup Mamuju Pimpin Tim Gugus Tugas Covid-19 Pantau Obvit, Irwan: Pengawasan dan Penjagaan Ketat di Pintu Masuk

23 March 2020 22:39
Wabup Mamuju Pimpin Tim Gugus Tugas Covid-19 Pantau Obvit, Irwan: Pengawasan dan Penjagaan Ketat di Pintu Masuk
Tim Gugus Tugas Covid-19 Mamuju pantau Obvit dipimpin langsung Wabup Mamuju, Irwan SP Pababari di beberapa titik lokasi berbeda di Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Aksa/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Tim Gugus Tugas corona virus disease (Covid-19) Mamuju pantau obyek vital (Obvit) dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Mamuju, Irwan SP Pababari di beberapa titik lokasi berbeda di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (23/3/2020).

Adapun Obvit yang di pantau Tim Gugus Tugas Covid-19 Mamuju seperti Pelabuhan pelabuhan Ferry Simboro dengan melaksanakan pemantauan kedatangan kapal morot (KM) Laskar Pelangi dari Pelabuhan Kariango Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Termasuk kantor Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Fery Simboro Mamuju, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Sulselbar, Hotel Matos dan Mall-nya, Hotel d’Maleo, Bandara Tampa Padang.

Disela-sela kunjunga itu, Wabup Mamuju Irwan SP Pababari mengatakan, wilayah kita termasuk wilayah zero (nol Covid-19), maka dari itu kita harus menjaganya dari zero tersebut.

“Seperti orang dan barang yang masuk di wilayah kita ini, untuk itu kami dari Forkopimda Mamuju memantau dengan melihat secara langsung aktivitas di tempat-tempat vital seperti pelabuhan ferry, perbankan, perhotelan, pusat perbelanjaan dan bandara,” kata Irwan.

Menurut dia, pintu gerbang masuknya orang seperti pelabuhan dan bandara harus menggunakan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat.

“Kita harus menyadari, bahwa Mamuju ini adalah tempat transit, sehingga perlu di lakukan pengawasan dan penjagaan ketat di pintu-pintu masuk khususnya di pelabuhan dan bandara,” tutur Irwan.

Ia menyebutkan, di pelabuhan dan bandara harus disiapkan ambulance dan ruang isolasi serta penanganan pasien harus profesional.

“Petugas penjaga dan operasional di tempat-tempat vital harus di lengkapi dengan alat pelindung diri (APD),” sebut Irwan.

Sementara Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Minarto menyampaikan, penyemprotan desinfektan ke seluruh penumpang yang masuk Mamuju harus terus menerus di lakukan demi mencegah penularan Covid-19.

“Kegiatan pengawasan ini harus sesuai urutan yang benar, di mulai dari penyemprotan, kemudian di ukur suhu tubuh dan tetap menjaga jarak yang di tentukan. Kalau kegiatan embarkasi selesai, semua orang dipelabuhan ataupun di bandara harus bubar, jangan kumpul-kumpul lagi,” papar Kombes Minarto.

Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf Suyitno menjelaskan, Kodim 1418 Mamuju siap memberikan bantuan pengamanan apabila di butuhkan terkait status siaga Covid-19.

“Setiap petugas harus safety dalam memberikan pertolongan dan melaksanakan kegiatan sehingga semuanya aman,” jelas Kolonel Suyitno.

Kajari Mamuju, Ranu Indra mengatakan, mulai dari sekarang kita semua harus mengikuti SOP pengawasan dan keamanan.

“Sehingga kita dapat menjaga wilayah kita dari penyebaran Covid-19,” singkat Ranu.

Koorsatpel Pelabuhan Penyeberangan Mamuju, Eliawati memaparkan, kami BPTD Pelabuhan Ferry dan mewakili ASDP serta PT Jembatan Nusantara menyampaikan bahwa di pelabuhan ini sangat terbatas peralatan.

“Di pelabuhan Fery Mamuju masih minim peralatan seperti cairan desinfektan. Mohon Pemkab Mamuju membantu kami untuk dukungan APD dan cairan desinfektan untuk penyemprotan penumpang,” papar Eliawati.

Kepala Bandara Tampa Padang, Juli Budjiono mengutarakan, seluruh fasilitas bandara sudah pernah di lakukan penyemprotan desinfektan, namun belum di lakukan secara berkala, berhubung alat dan obatnya masih dalam pemesanan dimana setiap penumpang yang datang akan di lakukan tes suhu badan oleh petugas kesehatan bandara.

“Apabila terdapat penumpang yang suhu badannya berada di atas angka maksimal, maka penumpang tersebut akan di isolasi. Selama ini penumpang yang datang belum bisa di lakukan penyemprotan desinfektan karena bahan obatnya masih dalam pemesanan dari pihak bandara,” ujar Juli. (Aksa/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya