Tim Gugus Tugas Covid-19 Pasangkayu Lakukan Penyemprotan Desinfektan

31 March 2020 01:21
Tim Gugus Tugas Covid-19 Pasangkayu Lakukan Penyemprotan Desinfektan
Tim Gugus Tugas Covid-19 Pasangkayu lakukan penyemprotan desinfektan di kompleks perkantoran, Rujab bupati, tempat ibadah dan ruang-ruang publik tempat berkumpulnya masyarakat di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Radit Anggara/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Tim Gugus Tugas corona virus disease (Covid-19) Pasangkayu lakukan penyemprotan desinfektan yang dilakukan Tim Gugus Tugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasangkayu.

Penyemprotan desinfektan itu dilakukan di kompleks perkantoran, rumah jabatan (Rujab) bupati, tempat ibadah dan ruang-ruang publik tempat berkumpulnya masyarakat di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (22/3/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasangkayu, Rudi mengatakan, pihaknya telah melakukan penyemprotan desinfektan di kompleks perkantoran dan akan dilanjutkan dengan penyemprotan Masjid Madaniah Pasangkayu.

“Kami meracik sendiri cairan desinfektan tersebut dengan cara mencampurkan 100 mili bayclin dengan 1 liter air. Saat ini agak sulit untuk mendapatkan produk desinfektan yang sudah jadi, sehingga kami mencoba untuk meracik sendiri cairan desinfektan tersebut sebagai upaya antisipasi,” kata Rudi.

Menurut dia, selain melakukan penyemprotan secara mandiri, langkah BPBD Pasangkayu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yaitu dengan membantu pengecekan suhu tubuh di pos perbatasan wilayah Pasangkayu.

“Masing-masing individu saat ini harus melindungi dirinya sendiri. Saat ini kita tidak mengetahui apakah sudah terjangkit virus corona atau belum, karena terkadang tidak ada tanda-tanda namun langsung positif virus corona. virus corona merupakan barang yang tidak terlihat, siapapun bisa terjangkit virus corona,” tutur Rudi.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pasangkayu, Samhari menyampaikan, pada tanggal 22 Maret 2020, timnya melakukan penyemprotan desinfektan, mulai dari Rujab bupati, masjid dan tempat-tempat yang biasa ditongkrongi oleh orang banyak.

“Hal ini merupakan langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona, namun saya juga berharap adanya partisipasi dan dukungan penuh dari masyarakat terhadap langkah-langkah yang dilakukan Pemda. Diharapkan kepada masyarakat untuk tanggap terhadap imbauan Pemda dan untuk sementara waktu ini agar menghindari tempat-tempat yang biasa untuk berkumpul,” imbuh Samhari. (Radit/Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya