Penerangan Korem 091 Aji Surya Natakesuma Ikuti Bimtek Insan Pers

17 March 2020 17:20
Penerangan Korem 091 Aji Surya Natakesuma Ikuti Bimtek Insan Pers
Diskominfo Kaltim, Korem 091 ASN, media cetak dan online, ikuti Bimtek di ruang Kudungga Dinas Kominfo Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Kota SamarindaPenrem 091 Aji Surya Natakesuma. (Penrem 091 Aji Surya Natakesuma)
.

SAMARINDA, TRANS89.COM – Sebanyak 30 orang peserta terdiri dari jurnalis Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kalimantan Timur (Kaltim), Korem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN), media cetak dan online, ikuti bimbingan teknis (Bimtek) di ruang Kudungga Dinas Kominfo Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Kota Samarinda.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kaltim dihadiri sebagai narasumber, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, Pimpinan Redaksi (Pimred) Kaltim KC Felanans G Mustari dan Pimred Niaga Asia Intoniswan Mustari.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan materi yang di berikan diantaranya penulisan berita dan kode etik jurnalistik (KEJ), penulisan feature, membuat berita analisis, praktek dan evaluasi penulisan berita dan KEJ, praktek dan evaluasi penulisan feature serta praktek dan evaluasi membuat berita analisis.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, Endro S Effendi mengungkapkan, jika suatu pekerjaan sering dilakukan, maka tidak akan terasa sulit dikerjakan, begitu pula dengan menulis.

“Jika dijadikan sebuah kebiasaan, maka tidak akan menjadi beban dan akan terasa ringan dituangkan ke dalam bentuk coretan (tulisan),” ungkap Endro melalui pres rilis Penerangan Korem (Penrem) 091 Aji Surya Natakesuma diterima Redaksi, Selasa (17/3/2020).

Endro menggambarkan, menulis merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan setiap saat, terlebih jika ingin melatih diri agar mudah menulis, maka dianjurkan untuk belajar menulis dari hal-hal sederhana yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

“Contohnya, kegiatan dari pagi sampai malam hari yang kita lakukan bisa dituangkan dalam bentuk catatan kecil. Dengan begitu, kebiasaan yang terlihat sepele bisa menjadikan dampak besar untuk kemampuan menulis seseorang,” ujar Endro.

Menurut dia, menulis itu semakin sering dicoba, maka semakin mudah dilakukan.

“Belajar menulis paling mudah yaitu dengan banyak membaca. Cara ini akan membantu untuk menambah perbendaharaan kata,” tutur Endro.

Sedangkan Kapenrem 091/ASN, Kapten Arh Azrul Azis menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi anggota, apalagi kegiatan pelatihan ini sebagai pengenalan dibidang kewartaan atau jurnalisme dengan harapan anggota tidak awam lagi dengan kehidupan jurnalistik.

“Kegiatan pelatihan ini sebagai bagian untuk mendukung tugas satuan Korem 091/ASN khususnya terkait dengan publikasi kegiatan satuan, sehingga diketahui khalayak umum,” paparnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya