Gubernur Jambi Konferensi Pers Kewaspadaan Penularan Virus Corona

17 March 2020 14:59
Gubernur Jambi Konferensi Pers Kewaspadaan Penularan Virus Corona
Gubernur Jambi, Fachori Umar gelar konferensi pers terkait kewaspadaan terhadap resiko penularan wabah virus corona atau COVID-19, berlangsung di ruang kerja kantor gubernur Jambi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Jambi. (Ferri/Trans89.com)
.

JAMBI, TRANS89.COM – Gubernur Jambi, Fachori Umar didampingi Kepala Biro (Kabiro) Humas dan Protokol Sekretaraiat Provinsi (Setprov) Jambi, Johansyah gelar konferensi pers terkait kewaspadaan terhadap resiko penularan wabah virus corona atau coronavirus disease (COVID-19), berlangsung di ruang kerja kantor gubernur Jambi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Jambi, Senin (16/3/2020).

Penyampaian dalam kegiatan press rilis terkait peningakatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi COVID19, Gubernur Jambi Fachori Umar mengatakan, berdasarkan himbauan presiden, Setprov Jambi segera bentuk tim untuk pemantau perkembangan COVID-19 dan laporkan segera kepada dirinya.

“Kepala Dinas Kesesehatan (Dinkes), tolong anda persiapkan masker dan hand sanitizer untuk sekolah. Seluruh Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), agar menyediakan hand sanitizer untuk pegawainya,” kata Gubernur Fachori.

Ia meminta Pelaksanatugas (Plt) Kadis Pendidikan pantau perkembangan himbauan Kementrian Pendidikan keterkaitan proses belajar mengajar segera laporkan kepada dirinya.

“Direktur Rumah Sakit (RS) siaga kamar khusus isolasi yang terimpeksi Corona,” pinta Fachori.

Selanjutnya himbauan Gubernur Jambi dibacakan Asisten III Administrasi Umum Setprov Jambi, Sudirman mengimbau masyarakat tidak panik dalam menghadapi kasus COVID-19 dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan atau menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak orang. Diimbau menunda penyelenggaraan kegiatan perayaan hari-hari besar keagamaan baik di rumah ibadah maupun tempat umum,” imbau Sudirman.

Bagi ASN, kata Sudirman, tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasanya dengan memperhatikan hal untuk apel pagi dan sore serta upacara hari besar nasional untuk sementara tidak dilaksanakan.

“Penggunaan mesin kehadiran elektronik (handkay) untuk sementara dihentikan dan kehadiran ASN dan PTT menggunakan daftar hadir manual. Tidak melakukan perjalanan dinas ke luar negeri dan luar daerah Provinsi Jambi,” kata Sudirman.

Ia menyebutkan, proses belajar untuk siswa SMA/SMK kelas X dan XI se-Provinsi Jambi diliburkan selama 1 minggu terhitung tanggal 16 hingga 23 Maret 2020.

“Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada SMK tetap dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) ujian nasional tanggal 16 hingga 19 Maret 2020.
Ujian satuan pendidikan pada SMA/MA Kelas XII tetap dilaksanakan jadwal tanggal 12 hingga 20 Maret 2020,” sebut Sudirman.

Dirinya mengungkapkan, pendidikan Paud/TK/Sd/SMP/Madrasah di bawah naungan kabupaten/kota dan Kementrian Agama (Kemenag) di himbau untuk diliburkan.

“Perguruan Tinggi (PTN) negeri dan swasta dihimbau melaksanakan proses belajar mandiri dirumah. Seluruh pasilitas publik diharapkan menyediakan cuci tangan (handwash),” ungkap Sudirman.

Seemtara Kadis Kesehatan Jambi, Samsiran Halim menyampaikan, untuk saat ini beberapa pasien yang terduga terkena COVID-19 penanganan sekarang diruang isolasi.

“Seperti anak buah kapal (ABK), mahasiswa, ibu rumah tangga (IRT), suami tetangga IRT. Untuk kondisi terakhir, ada gejala paru-paru dan hasil terakhir lebih pasti menunggu dari konsep Dinkes kita kirim ke Jakarta,” papar Samsiran.

Ia menjelaskan, untuk biaya pengobatan yang terkena COVID-19 di tanggung secara gratis oleh Dinkes Pemprov Jambi.

“Untuk pasien yang terduga terkena COVID-19, akan kita ambil sampel darahnya lalu kita kirim ke Menkes RI dan hasilnya akan kita umumkan lewat juru bicara kesehatan Provinsi Jambi,” jelas Samsiran. (Ferri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya